Untuk meningkatkan Kualitas para Santri dalam bidang Qiro’ah. Senin 26/September/2022, Jam’iyyah Qurro’ Pondok Pesantren Miftahul Ulum mengadakan Tashih Public  (Mengevaluasi Peserta didik Jamqur) untuk menyongsong bulan Maulid Nabi Muhammad SAW. Terselenggaranya acara tersebut pihak Jamqur  (Jam’iyyah Qurro’) memang mendapat dukungan besar dari pihak kepengurusan Pondok Pesantren khususnya dari pendidikan Pesantren Ust. Imron Rosyidi, yang langsung bekerja sama dengan pihak Coptiq (Comunitas Pecinta Tilawatil Qur’an) Kabupaten Lumajang dengan memakai metode Ar-Ruhaniyyah. Seperti yang kita ketahui bersama Ar-Ruhaniyyah merupakan buku panduan Qiro’ah yang biasa dipakai untuk latihan oleh semua Peserta didik Jam’iyyah Qurro’ Pondok Pesantren Miftahul Ulum.

            Acara tersebut kedepannya akan diselenggarakan setiap dua bulan satu kali, karena untuk kali ini merupakan pertama kalinya diselenggarakan, jadi oleh panitia acara tersebut dikonsep sebagaimana ajang perlombaan dengan Outdoor yaitu di halaman MTs. Miftahul Ulum. Akan Tetapi untuk kedepannya pihak panitia berencana acara tadi akan diletakkan di dalam ruangan saja “Karena acara tersebut bukan ajang, akan tetapi hanya mengevaluasi para peserta didik Jam’iyyah Qurro” Tutur Ust. Wahyudi selaku Ketua Jam’iyyah Qurro’ Pondok Pesantren Miftahul Ulum. Dan juga acara tersebut untuk melatih persiapan ajang perlombaan MTQ tingkat Kabupaten Lumajang yang akan diikuti oleh semua pondok pesantren salah satunya Pondok Pesantren Miftahul Ulum ini.

            Dalam acara Tashih Public tersebut para peserta memang murni dari anak didik Jam’iyyah Qurro’ sendiri, dalam artian pihak panitia tidak memilih dari setiap perdaerah, melainkan menggunakan  sistem penyeleksian terlebih dahulu, kemudian dipilih seorang anak yang terbaik dari hasil penyeleksian tadi dan dibagi jadi dua tingkatan yaitu dari kalangan anak-anak 7 orang dan remaja 7 orang, jadi semuanya terdapat 14 peserta yang masuk dalam daftar penashihan tersebut. Dalam acara tersebut dihadiri oleh penashih dari luar salah satunya Ust. Mahfudz Abdul Aziz beliau merupakan senior dari semua anggota Jam’iyyah Qurro’, beliau juga merupakan ketua Coptiq yang berada di Kabupaten Lumajang dan juga dihadiri oleh Ust. Hasyim beliau mewakili Ust. Shobar selaku ketua  Jam’iyatul Qurro’ wal Huffadz JQH NU Lumajang yang tidak bisa hadir dalam acara tersebut. (26/Sen/EL-H)

Oleh : Yusril Hasbi (ELH)

Editor: Muhammad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *