Orientasi Santri Baru (OSBA) Pondok Pesantren Miftahul Ulum BAKID Tahun Pelajaran 2022/223 resmi dimulai sejak Rabu 22 Juni 2022 hingga selasa mendatang. Kegiatan OSBA ini adalah salah satu kegiatan rutin Pesantren yang wajib diikuti oleh semua Santri baru PPMU dan didampingi oleh beberapa Staf daerah terkait. Kegiatan ini bertujuan agar semua Santri baru bisa lebih mengenal dan paham tentang lingkungan, budaya, amaliah dan kelembagaan di PPMU.

Pembukaan OSBA diikuti oleh semua santri baru di halaman gedung terpadu Miftahul Ulum. Selama seminggu ke depan, para santri baru yang berjumlah 800 lebih tersebut akan mendapatkan beberapa materi yang meliputi tentang kelembagaan, Ubudiyah dan Pembinaan Akhlak. Closing Ceremony direncanakan pada malam Selasa oleh segenap panitia Panitia OSBA.

Ketika kegiatan ini berlangsung, Ketua Pengurus PPMU Bakid, Ust. Amanullah menyapa hangat dalam sambutannya kepada seluruh Peserta OSBA dan semua pihak yang berpartisipasi. Beliau juga memberikan sedikit wejangan kepada seluruh peserta OSBA perihal tujuan awal mondok di PPMU; “Mencari ilmu manfaat dan barokah serta menjadi Santri yang berkhidmah dan berahlussunnah wal-jama’ah” paparnya.

Disisi lain, Wakil ketua OSBA sekaligus sie. pendidikan PPMU bakid memberikan pelajaran agar semua Peserta OSBA berkenan untuk mencatat akan pengetahuan yang baru didapatkan. Beliau juga memberikan maqolah yang selaras dengan hal ini dengan bahasa madura tulennya “Ilmuh padeh kalaben hewan liar ben talenah ilmuh panika tolesan deddih seandaiah ilmuh tak etoles makah padeh kalaben hewan liar se tak e tale’eh; bekal elang”. wejangan seperti ini selaras dan sesuai dengan kesiapan Panitia, dimana panitia OSBA telah menyiapkan buku tulis sebagai fasilitas akan hal baru untuk di abadikan setelah disampaikan.

Kegiatan OSBA ini dimentori oleh dua Asatidz yang memang Skillnya dalam mengaliri acara sudah tidak diragukan lagi;Ustadz Hamzah Mr. S.H dan Ustadz Lukman Hakim S.H. jargon dalam kegiatan ini kedua mentor menggunakan jargon yang telah mampu membangun semangat Seluruh peserta OSBA disaat pada rapuh; “Siapa Kita? Santri Bakid 3x, Bakid 3x Luar biasa, OSBA? Mantap jiwa…”. Dengan jargon ini seluruh peserta OSBA semangatnya berkobar lebih pada waktu ketika mentor meminta menyanyikan yek-yel masing masing daerah. Selain takut kalah, seluruh peserta OSBA juga gampang panas jika melihat daerah lain lebih kompak akan yel-yel nya. Kegiatan OSBA pada tahun ini bisa dibilang begitu sukses hali bisa ditujukan dengan beberapa keantusisan Santri baru; M. Aidil asal Slangor-Malaysia “Kegiatannya seru apalagi ketika salah santri baru diminta naik keatas pentas, serasa benar-benar bisa mengembangkan jatidiri” Tuturnya.

Ka Panitia OSBA menambahkan, dimana kegiatan pada penutupan OSBA ini, akan ada apresiasi terhadap daerah yang dinyatakan sebagai daerah terkompak, teraktif dan terantusias. dari hal ini, semua Staf daerah mulai mempersiapkan betul daerah nya sebagai daerah terbaik diantara daerah daerah lainya. (Rabu,21/Tim Redaktur Perpustakaan Terpadu).

Leave a Reply

Your email address will not be published.