Selasa 09 Agustus 2022, Pondok pesantren Miftahul Ulum kedatangan rombongan tamu dari pondok pesantren Al Majidi Selokdakon Tanggul. Rombongan yang tiba pada pukul 14.30 itu dalam rangka Studi Banding “Membangun Karakter Santri Yang Baik Di Lembaga Pendidikan Islam”. Kunjungan Study Banding tersebut disambut hangat oleh Ketua Pengurus PPMU, Ketua Yayasan, Kepala MA Plus dan Ketua STISMU.

Acara yang berlangsung di ruang Lab MA Plus, berjalan dengan lancar dan khidmat. Sebanyak 40 peserta dari PP Al Majidi dan 6 peserta perwakilan dari PP Miftahul Ulum duduk secara bersama guna mendengarkan program pendidikan, baik yang telah terlaksana atau yang baru akan dilaksanakan, sebagai bahan evaluasi selanjutnya. Pada kegiatan ini juga dilaksanakan  sesi diskusi tanya jawab antara kedua perwakilan pondok pesantren.

“Kami datang dari desa terpencil yang mempunyai cita cita besar. Semoga kunjungan kami kali ini bisa mengambil sesuatu yang berharga dari pondok pesantren yang telah lama dikenal di kota Lumajang,” tutur Ketua Yayasan PP. Al Majidi Tanggul, Muhammad Faiz Nasir, MA.

Beliau juga menuturkan tentang membangun kultur santri yang sangat kuat di Lembaga pendidikan Islam. Lebih lebih di Lembaga pendidikan pesantren, sebagai satu satunya instansi yang berperan dalam mendidik akhlakul karimah. Sehingga dalam hal ini perlu adanya program yang tertata rapi agar berjalan dengan maksimal.

H. Maksum, selaku Ketua yayasan juga menyambut luar biasa atas kunjungan kali ini “Ini sungguh kehormatan yang luar biasa bagi kami,” tuturnya. Beliau juga sedikit menambahkan bahwa pesantren sebesar ini sebenarnya masih harus banyak belajar lagi terhadap pesantren kecil. Karena terkadang apa yang dimiliki oleh pesantren kecil belum tentu dimiliki oleh pesantren besar, begitupun sebaliknya.

Setelah acara sambutan dari kedua perwakilan, kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi tanya jawab. Dalam sesi tanya jawab ini Kepala STISMU  Muhammad Hisan, S.Psi., M.Sos ditunjuk langsung sebagai moderator. Kemudian dilanjutkan dengan bertukar cindera mata dan sesi foto bersama, lalu pembacaan doa dan ramah tamah. Acara ini selesai tepat pada pukul 17.00 WIS.

Pewarta: M Kholili

Editor: M Kholili

Leave a Reply

Your email address will not be published.