BANYUPUTIH KIDUL – Setelah beberapa hari lalu kita telah menggelar Hari Raya besar Idul Adha 1443 H. dengan keadaan pandemi yang sedang mentransisi, kini kian tiba pada waktu dimana bulan Haji sedang meranjak pulang untuk yang kesekian kalinya. Hal ini tampak jelas ketika Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) Miftahul Ulum telah mengabarkan akan kepulangannya setelah satu bulan lebih melaksanakan ibadah haji di Makkah al-Mukarromah.

Proses  pemulangan Jama’ah haji dari Makkah al-Mukarromah dilaksankan pada kamis tanggal 28 juli 2022. Dengan transit langsung di Bandara Djuanda Surabaya Indonesia. Namun setelah itu, Jama’ah haji masih belum bisa diperkenankan untuk langsung pulang sebelum melaksanakan pemeriksaan tes swab di Asrama Haji Surabaya, yang diperkirakan  kurang lebih 5 jam. Dengan ini Jama’ah Haji  bisa  keluar dari asrama haji  pada hari jum’at, jam 2 dini hari.

Pada Proses Pemulangan Jama’ah haji ini, Ustadz Fauzi selaku Ketua KBIHU Miftahul Ulum sedikit memaparkan bahwa “Jama’ah haji setelah dari Surabaya langsung menuju restaurant di Probolinggo Bromo asri pada jam 2 dini hari, disana Jama’ah haji diberi kesempatan untuk istirahat, makan, ganti baju dll. Jadi Jam’ah Haji masih punya kesempatan untuk beristirahat sebelum sampai dirumah” Pungkasnya.

Beliau juga sedikit menambahkan bahwa pada Jam 3:30 pagi, tepat hari jum’at 29 juli 2022. Jama’ah haji  langsung menuju pendopo Lumajang dan disana pihak keluarga hendaknya untuk menjemput Jama’ah Haji yang di buka mulai jam 2 malam, sebelum itu juga ada proses pendataan Dinas Perhubungan (DISHUB) Kota sesuai rombongan dengan syarat mobil yang harus di lengkapi stiker khusus”. Tuturnya.

Rombongan pada tahun ini, Jamaaah haji Miftahul Ulum berada di rombongan kloter 1 dan 2 KBIHU Lumajang dengan 45 jama’ah. Jama’ah haji boleh meninggalkan  pendopo pada jam 8-9 pagi, karena masih ada sambutan dari Bupati Lumajang oleh Bapak Thoriqul haq.

Tahun ini, KBIHU Miftahul ulum terdapat pengurangan Jama’ah; yang awalnya 145 jama’ah Haji dengan dibagi 3 rombongan, kini menjadi 68 jama’ah 2 rombongan. Hal ini terjadi karena Proses pemberangkatan ibadah haji masih berisfat transisi Pandemi. “Dan Untuk tahun ini, Jama’ah Haji dari wilayah timur (Jatiroto, Randuagung, Klakah, Ranuyoso) tidak bisa mampir ke Pesantren Miftahul Ulum.

Adapun Jama’ah Haji yang berasal dari jember, datang pada kamis 4 agustus 2022. Dengan  kloter 28 dan 23 Jama’ah asal Jember untuk langsung menuju Pondok Pesantren Miftahul Ulum pada kamis jam 3;30 Wib. Teknis masuk Pondok Pesantren Miftahul Ulum di kondisikan oleh Hankamtibmas Pesantren, Polsek setempat dan di dampingi oleh Kepengurusan KBIHU Miftahul Ulum.

KBIHU Miftahul Ulum untuk tahun ini, adalah KBIHU Miftahul Ulum masuk pada urutan NO.2 dengan Jama’ah terbanyak di Lumajang. Haji pada tahun ini dikategorikan sebagai Haji akbar karena pelaksanaan Ibadah Wukuf di Padang Arafah bertepatan pada hari jum’at.

Peliput: Farhan

Editor: M Kholili

Leave a Reply

Your email address will not be published.