Mubakid.or.id. – Juma’t (28/10/22) Saat ini, dunia sedang berada di level peradaban tercepat yang mengakibatkan semua lini kehidupan banyak berpindah pada hal yang beraroma instan. Contoh kecil yang bisa kita lihat, perihal perhitungan dan penentuan pada peristiwa alam yang terjadi dengan waktu tertentu, dan kebenarannya hanya diketahui oleh seseorang yang memang ahli dalam perhitungan.

Namun jika dalam pengkajian kami, aroma instan semacam ini masih belum mendarah daging dengan kelembagaan kami. Bisa dibuktikan dengan terselenggaranya kegiatan Milad ke-3 lembaga Falakiyah. Yang memang nyatanya lembaga ini, sampai detik ini masih eksis dan istiqomah dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar setiap harinya.

kegiatan falakiyah kali ini, terselenggara di gedung auditorium Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bakid dengan dihadiri kurang lebih 80 peserta dan 17 tamu undangan. Kegitan ini berlangsung pukul 21:00 Wis sampai 24:00 Wis pada hari Jum’at 28 oktober 2022.

Ust. Fathurrohman S.H  selaku Pendiri lembga falakiyah sekaligus anggota PCNU Falakiyah Lumajang juga berpartisipasi dalam memeriahkan Milad ke-3 Falakiyah kali ini, dalam sambutannya beliau memaparkan akan pentingnya belajar ilmu falakiyah “beruntunglah bagi kalian yang dapat mempelajari ilmu falak, karena ahli bidang falak sangatlah sedikit sekali, bahkan di Kabupaten kita, hanya terhitung dengan hitungan jari. Keadaan semacam ini adalah kesempatan besar bagi Santri bakid untuk selalu giat dan memupuk semangat kembali dalam mempelajari ilmu falak. Karena saya yakin, pegiat ilmu falak akan dibutuhkan pada 5 sampai 10 tahun kedepannya” Paparnya.

Beliau juga menambahkan, “jika dalam materi dan praktek kita sudah terealisasi, ada satu yang sampai sekarang kita tertinggal yaitu falakiyah dalam digitalisasi. Kita harus memperaktekkan المحافظة على قديم  الصالح والأخد على جديد الأصلح . jadi sudah waktunya kita mulai menggeluti digitalisasi, paling tidak kita dapat mengetahui kegiatan apa yang seharusnya kita lakukan dan sesuai dengan kejadian alam. Selain itu, agar kita selalu Update informasi, karena setiap perdetik dan perhari, praktek ilmu ini selalu berubah sesuai dengan keadaannya” Pungkasnya.

Di bagian akhir, acara ini ditutup dengan pembacaan Surah al-fatihah, kemudian dilanjutkan dengan foto bersama oleh seluruh Peserta, Panitia dan semua tamu undangan. (28/10/Jum)

Pewarta: Uwasy al Qorny

Editor: Muhammad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *