MU.BAKID.COM–  Saat ini, meski kita masih berada di masa transisi pandemi yang tak begitu diarti; sudah bukan saatnya dan kalau perlu tidak lagi dikategorikan masih menggeluti dimasa pandemi. Hal ini dapat dibuktikan dengan berlangsungnya beberapa kegiatan keagaamaan, kesosialisasian bahkan beberapa kegiatan kenegaraan lainnya. Salah satunya adalah; tepat pada 17 agustus 2022 rabu tadi, Negara  tercinta ini kembali menggelar upacara bendera dalam rangka merayakan hari ulang tahun (HUT kemerdekaan RI) ke-77. Kegiatan HUT RI ini juga selaras diselenggarakan oleh beberapa kelembagaan dan lini kemasyarakatan. Beberapa contohnya bisa kita ambil dari kelembagaan salaf yang berada di salah satu provinsi Jawa timur; Lembaga Pondok Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul jatiroto Lumajang yang merupakan salah Lembaga non Formal dan berada dibawah naungan Yayasan Miftahul Ulum – Lumajnag. Pondok Pesantren miftahul ulum Lumajang ini, kembali memperingatai HUT republik Indonesia ke 77 dengan menggelar Kegiatan Istighosah do’a bersama di malam nya dan dilanjut dengan Upacara pengibaran sang saka bendera merah putih di pagi harinya.

Upacara bendera ini, rilis terlaksana di lapangan Mts.s Miftahul Ulum 01 dengan ketua panitia Ust. M. Aminuddin Shofi, M.H dengan surat keterangan langsung dari yayasan. Upacara bendera ini, diikuti sekitar 3000 lebih peserta upacara dengan rincian; semua anggota Yayasan Miftahul Ulum, beberapa tamu undangan, Siswa Formal mulai dari Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum, Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum, Madraah Aliyah Miftahul Ulum, Maha siswa STISMU dan seluruh Santri banyuputih. Tidak hanya itu, Petugas upacara Bendera dalam HUT RI ke 77 ini adalah petugas kolaborasi dari semua bagian lembaga formal.

Upacara bendera ini dimulai sejak pukul 07:30 Wib. Sampai jam 09:45 wib. Rabu 17 agustus 2022 kemarin.  Dalam acara ini, Formasi dan Dress Cord  peserta upacara diatur sesuai dengan lembaga Formal masing-masing. Dimana formasi paling utara terkhusus bagi kompi MI Miful bakid berdress Crod  seragam, celana hijau dan berkopyah hitam, disusul dengan kompi selatannya oleh Mts. Miftahul Ulum 01 dan Mts. Miftahul ulum 02 berdress Crod  Seragam putih, celana Biru dongker dan berkopyah hitam, dilanjut juga dengan MA. Miftahul Ulum 01 dan MA. Miftahul ulum 02 berdress Crod  Seragam putih, celana Biru abu-abu  dan berkopyah hitam, bagian paling selatan diisi dengan kompi Maha Siswa STISMU Lumajnag berdreescrod kemeja putih, celana hitam dan berkopyah hitam. Bagi Santri yang tidak berstudi di formal berada di kompi belakang berdresscrod  Taqwa putih, bersarung dan berkopyah hitam.

Inspektur pada Upacara bendera kali ini adalah INF. Didik Trianto salah satu anggota Polres Lumajang. Di awal kesempatan pada amanat Inspektur upacara beliau menceritakan betapa besarnya perjuangan Pahlawan-pahlawan sebelumnya. Beliau juga mengibaratkan “ bahwa perjuangan Pahlawan-pahlawan sebelum kita demi kemerdekaan RI sangat besar bagaikan api tak kunjung padam dimana hasilnya masih mengalir terasa hingga sekarang” Tuturnya. Beliau juga sedikit berorasi dalam mengajak semua peserta upacara terkhusua semua santri Banyuputih “ Marilah kita pupuk betul jiwa pemuda semangat 45 karena pada hakikatanya perjuangan pemuda pada sebelumya masih belum selesai hingga sekarang, marilah kita lakukan semua kewajiban kita sebagai rakyat Indonesia agar dapat tercipta Indonesia yang makmur dengan landasan keadilan dsan ketuhananan maha Esa” Paparnya.

Tim radar bakid di lokasi juga menjelaskan “Selama Upacara berlangsung, semua pihak terkait sangat berpartisipasi dan terlihat nyaman dalam melakukan tugasnya masing-masing. Diantaranya adalah Bakid Multimedia yang memang terfokus dalam hal Memediakan Kegiatan, Pihak Poskestren yang berkenan betul dalam menanggulani kesehatan  Peserta upacara dan kebersihan tempat, juga beberapa pihak lainnya seperti Hankantib, Pantian Komsumsi dan Koordinator Pendidikan dan PM masing-masing asrama santri” Ujarnya. Jadi Upacara Bendera pada HUT RepublikIndonesia ke-77 bisa dibilang sukses dan begitu kihdmat dalam pelaksanaannya.

Peliput : Uwasy al Qorny

Editor: Kholili

Leave a Reply

Your email address will not be published.