MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang sebagai salah lembaga formal yang berada di bawah naungan Yayasan Pondok Miftahul Ulum Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang, telah resmi menggelar kegiatan visitasi akreditasi selama dua hari oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M) Provinsi Jawa Timur. Dengan menunjuk kedua Asesor senior : Dra. Hj. Chusnul Chotimah, M.Ag dan Dra. Endang Widiati, M.Pd. kemarin (8-9/08/22).

Teknis pelaksanaan dalam kegiatan visitasi akreditasi kali ini, sangat berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya. Sejak tahun 2020, visitasi akreditasi bukan lagi hanya pemenuhan dokumen administratif madrasah. Tetapi lebih kepada performa dan kinerja serta capaian-capain madrasah selama tiga tahun terakhir.

Pun demikian, sebelum pelaksanaan visitasi, pihak madrasah juga diminta untuk mengupload 58 dokumen pada dashboard sispena BAN S/M. Pihak madrasah juga bisa memberikan penilaian awal terhadap dokumen yang diupload. Nilai dengan kategori unggul adalah nilai A dengan presentase angka nilai  91 keatas, kategaori baik adalah nilai B dan kategori cukup adalah nilai C.

Meski akreditasi perdana, pihak MTs. Miftahul Ulum 2 berharap mendapatkan nilai terbaik dengan kategori madrasah/sekolah unggul. Walaupun di Provinsi Jawa Timur sampai saat ini belum ada madrasah atau sekolah baru yang langsung terakreditasi A.

“Belum ada di tingkat Jawa Timur, madrasah/sekokah baru mendapatkan nilai visitasi akrediatasi A (Unggul). Jadi,  jika nanti MTs. Miftahul Ulum 2 mendapatkan nilai A. Maka bisa dikategorikan sebagai lembaga pemecah rekor sebagai sebuah lembaga baru dengan akreditasi unggul A tingakt Provinsi” tutur salah satu guru MTs. Miftahul Ulum 2 menirukan Pengawas madrasah yang juga asesor senior BAN S/M Jawa Timur

Sahroni, S.Pd.I, M.Pd  selaku Kepala MTs. Mifatahul Ulum 2 juga mengatakan ”kami bermimpi akan menjadi madrasah baru yang langsung terakreditasi A (unggul). Namun kami sudah siap dengan nilai apapun nanti yang ditetapkan oleh BAN S/M.

Pelaksanaan Akreditasi MTs. Miftahul Ulum 2 berlangsung selama dua hari Senin-Selasa : 8-9 Agustus 2022.

Pada hari pertama, setelah pembukaan kegitan visitasi akreditasi dilaksanakan.  Kepala madraah dalam sambutannya menyampaikan terimaka kasih karena diberi kesempatan mengikuti akreditasi di tahun ini dan dilanjutkan paparan singkat mengenai program madrasah selama tiga tahun sejak didirikan. Salah satu program madrasah yaitu pembudayaan literasi yang berhasil menelurkan karya buku mendapatkan perhatian khusus oleh kedua asesor, bahkan keduanya meminta buku karya tersebut sebagai buah tangan agar dapat memotivasi sekolah lain untuk turut menggalakan budaya literasi. Setelah itu kedua asesor mulai terjun kebeberapa perihal yang perlu diobservasi. Asesor I bertugas mewawancarai Ketua Komite Madrasah Dr. H. Zainuddin, M.Pd.I, juga mewawancarai KH. M. Taufiq Syam, M.Pd selaku perwakilan wali murid sekaligus tokoh masyarakat.  Asesor II bertugas terjun langsung untuk melihat sarana prasarana (sarpras) maupun hal lainnya sebagai penunjang proses kegiatan belajar mengajar. Seperti Perpustakaan, ruang UKM dsg. Kegiatan visitasi akreditasi pada hari pertama berlangsung dimulai sejak jam 08:00 Wib. sampai jam 16:00 Wib. Dan akan dilanjut besok pada hari kedua.

Pada hari kedua, Dra. Hj. Chusnul Chotimah, M.Ag dan Dra. Endang Widiati, M.Pd fokus melakukan wawancara dan observasi pada pendidik, tenaga pendidik, dan peserta didik yang kemudian dikomparasikan dengan dokumen madrasah. Setelah selesai dengan ini asesor meminta sejumlah guru untuk diwawancarai sekaligus menelaah dokumen-dokumen madrasah.

Dan pada sesi acara akhir, kedua Asesor meminta pihak pembina ekstrakurikuler tilawah Al-Qur’an untuk melantunkan ayat-ayat al-Qur’an dengan lantunan nada yang indah sebagai harapan segala sesuatu yang diharapkan baik dari tim Asesor ataupun segenap Civitas akademik Mts. Miftahul Ulum 02 bisa tercapai. Dan pada acara paling akhir, Ketua Tim Akreditasi Madrasah Amang Philips Dayeng P, S.Sos menutup kegiatan visitasi akreditasi ini dengan memberikan ucapan kata terimakasih kepada kedua Asesor karena berkenan hadir dan berpartisipasi dalam visitasi akreditasi Mts. Miftahul Ulum 02. Selain itu, beliau juga “mengucapkan beribu kata maaf jika dalam kegiatan visitasi akreditasi selama 2 hari ada beberapa hal yang kurang berkenan dan sedikit tidak mengenakkan hati Tim Asesor” Tuturnya. (UWQ/11/08/SEL)

Pewarta : Uwasy al-Qorny

Editor: Kholili

Leave a Reply

Your email address will not be published.