Headlines

Juri Apresiasi Fesban Di Bakid Se-Tingkat Jawa Timur

mubakid.or.id – Dalam rangka menyambut haflatul imtihan akhirussanah, Panitia MAS menyelenggarakan Festival Banjari. Kegiatan ini terlaksana pada Malam Selasa (19/02/2024) WIS Di halaman MA. MIftahul Ulum.

Kegiatan Festival Banjari ini dihadiri oleh para asatidz. Selain itu, cabang lomba ini paling digemari oleh Para santri, terbukti dengan banyaknya santri yang memenuhi halaman MA. Miftahul Ulum. Sebanyak 8 grup hadroh yang berpartisipasi, mewakili setiap daerah mulai dari Daerah A sampai LPBA. Bahkan, kegiatan ini mampu menghadirkan juri yang sudah masyhur di dunia perbanjarian beliau adalah Ust. Muzammil, Ust. Baits, Ust. Muhammad sebagai dewan juri.

Tidak hanya itu, para abdi dalem juga turut memeriahkan acara ini dengan tampil beda dengan grup peserta lain. Hal ini yang ditunggu-tunggu para santri, sehingga di sambut meriah tepuk tangan oleh para santri ketika rombongan para abdi dalem lewat dan menaiki panggung dengan membawakan beberapa sholawat.

Fesban ini dinilai dari segi vocal (Keutuhan dan power suara, pengaturan nafas, keindahan suara dan kesesuaian vocal dengan backing vocal), Musik Banjari (Irama dasar banjari, variasi banjari dan keserasian pukulan/tempo banjari dengan lagu), Adab dan Syair (Performa, ekspresi dan penghayatan) dan Jingle (kreatifitas jingle, kesesuaian dengan tema dan alunan rebana sebagai backsound).

Di akhir acara, Ust. Muzammil memberikan evaluasi tentang keserasian vocal inti dan becking vocal. Menurut beliau, eman sekali ketika nilai vocal yang apik dihancurkan dengan becking vocal yang tidak serasi. Selain itu, beliau mengapresiasi penampilan seluruh peserta Fesban kali ini sepdan dengan Tingkat Jawa Timur.

Setelah evaluasi dewan juri, Derah F diumumkan sebagai best jingle dan Daerah C berhasil meraih best vocal.

Pewarta: Badrus Sholeh

Editor: Reza

Leave a Reply