Mubakid.or.id – Rabu 02 November uji baca kitab Kuartal II Madrasah Diniyah telah memasuki hari ke 3. Ujian tersebut bertempat di Gedung Aula PPMU Bakid sebagaimana tahun tahun sebelumnya. Ujian ini dimulai pada hari senin 31 Oktober 2022, yang diawali dari kelas III MTsD sebanyak 125 siswa dan kelas 1 B MTsD sebanyak 68 siswa. 

Ketentuan untuk baca kitab ini meliputi mufradat, yaitu kebenaran ma’na dari setiap suku kata yang dibaca. Shihatul qira’ah, yaitu kebenaran bacaan dalam segi nahwiyah shorfiyah dan fahmul ma’ani, yaitu kebenaran dalam segi pemahaman. Selain itu juri yang terdiri dari dua orang tersebut juga akan memberikan beberapa pertanyaan mengenai pemahaman lafadz yang dibaca. Sedangkan untuk kelas 3 MID ke bawah, tidak ada sesi pertanyaan. 

Ujian ini dimulai pada pukul 20:30 WIS dan biasanya selesai pukul 23:30 WIS, tergantung dari banyaknya siswa dari masing-masing peringkat kelas. Untuk kelas yang memiliki banyak siswa biasanya selesai pada pukul 24:00 WIS. 

Menurut Ust. Umar selaku dewan juri, baca kitab tahun ini alhamdulillah ada peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Jika dibandingkan dengan Kuartal I beberapa siswa yang tidak mencapai nilai indeks bisa memperbaiki nilainya pada Kuartal kali ini. Hal ini juga tidak luput dari pemantauan wali kelas serta bimbingan yang dilakukan secara istiqamah setiap harinya. 

Ust. Lutfi Hamzah selaku panitia juga berharap bahwa, semoga nilai pada Kuartal II ini menjadi nilai yang akan terus meningkat di tahun tahun selanjutnya. “Harapan kami, semoga Siswa Madin PPMU Bakid ini terus lancar dan tidak ada halangan untuk terus naik kelas.” Ucap beliau saat kami hubungi lewat telepon. 

Pewarta: Ebied

Editor: Muhammad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *