mubakid.or.id Setelah melaksanakan masa ta’aruf pada tanggal 04 September, Pada hari Minggu 25 September 2022 KBIHU mengadakan acara Praktek manasik yang ke-3 untuk calon jama’ah umrah wilayah Lumajang-Jember yang bertempat di gedung Aula PPMU Bakid. Jama’ah umrah sudah mulai mengisi daftar hadir dan memenuhi gedung Aula saat jarum jam menunjukkan pukul 08.15 WIB. Pada pemberangkatan umrah bulan Maulid ini jama’ah Umrah berjumlah 276 jama’ah. Acara pun baru dimulai pukul 08.45 WIB yang dibuka dengan pembacaan surotul fatihah yang dipimpin oleh Ust. Abdur Rahman sebagai Mc pada acara kali ini, dihadiri oleh semua staf pengurus KBIHU, pengasuh sekaligus pembina yayasan PPMU Bakid Kh. H. Husni Zuhri, Ust. Sholeh Ardiansyah, KH. Chotibin abdullah, kepala pengusrus KBIHU Ust. Ahmad Fauzi dan Ust. Munir sebagai narasumber.

Sebagai pembuka ayat ayat suci Al Quran dilantunkan, kemmudian disusul dengan shalawat yang dibawakan oleh tim Al Mawaddah PPMU BAKID.

Acara berikutnya ialah arahan-arahan yang disampaikan oleh Kh. H. Husni Zuhri tentang  bagaimana umrah dengan benar,  mulai dari rukun haji, rukun umrah, perbedaan haji dengan umrah, dsn lain sebagainya . Bahkan beliau mempraktekkan penggunaan kain ihram dengan benar dan tepat dan menyuruh salah satu jama’ah maju ke depan guna untuk juga mempraktekkannya.  Kemudian beliau memberikan sesi tanya-jawab bagi jama’ah yang masihh belum begitu paham dengan materi yang dipaparkan. Setelah beliau memaparkan materi tentang haji dan umrah dengan begitu terperinci dan jelas, berlanjut pada acara selanjutnya praktek manasik umrah yang dibimbing oleh Ust. Sholeh Ardiansyah dan Kh. H. Chotibin Abdullah yang bertempat dilapangan MTs Miftahul Ulum Bakid, sebelum praktek berlangsung kedua pemateri tersebut kembali menegaskan tentang apa yang disampaikan oleh Kh. H. Husni Zuhri Di gedung Aula PPMU Bakid.

Meskipun cuaca saat itu sangat panas, namun tampaknya para jama’ah begitu bersemangat dalam mengikuti praktik pelatihan Umrah. Acara praktik tersebut berlangsung sekitar 3 jam. Tepat pada pukul 13.45 WIB acara pun ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Ust. H. Sirajuddin Yusuf dan berdoa bersama, serta pembacaan shalwat bersama.    

Pewarta : Reza

Editor: Muhammad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *