GAMUS (Gabungan Musyawarah Santri) PPMU Bakid, Senin 04 Juli 2022. Mengadakan kegiatan diskusi rutin antar daerah. Kegiatan diskusi tersebut membahas tentang masalah hangat baru baru ini, yaitu “Hukum berkurban dengan hewan yang terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)”.

Karena melihat kondisi di sekitar dan luar sana, banyak hewan ternak yang terjangkit penyakit ini. Gejalanya ialah, keluarnya air liur secara terus menerus dan mengelupasnya kuku. Apalagi hal semacam ini terjadi pada momen hari raya Idul Adha, sehingga perlu untuk di bahas dan dimusyawarahkan Bersama. 

Hasil musyawarah tersebut memutuskan bahwa, Sapi yang terjangkit PMK (Penyakit Mulut Dan Kaki) tidak sah untuk di gunakan sebagai Sapi kurban. Karena masuk dalam kategori penyakit berat, sehingga dapat mengurangi lemak dan berat badan Sapi.

Kegiatan yang tepatnya di adakan pada malam Selasa pukul 21:00 WIS ini, di hadiri langsung oleh Ust. Hamdi Mabruri, Lc, Ust. Khoirus Sholeh, Lc dan Ust. Syaiful Ulum sebagai Perumus. M. Wasiluddin sebagai moderator dalam kegiatan tersebut.

Oleh: Ramadhani Abdullah

2 thoughts on “BAHTSUL MASAIL PP. MIFTAHUL ULUM TENTANG SAPI PMK

Leave a Reply

Your email address will not be published.