Mubakid.or.id – Untuk meningkatkan digitalisasi pesantren serta sentralisasi telekomunikasi dan informasi, Pondok Pesantren Miftahul Ulum mengadakan pelatihan pengelolaan manajemen digital, terutama pengelolaan manajemen di internal pesantren.

Pelatihan ini diikuti oleh delapan orang, yang merupakan utusan dari masing masing instansi. Diantaranya; dua orang dari Kopontren Al Ikhwan, empat orang dari Pesantren, serta dua orang dari Poskestren. Hal ini bertujuan untuk merespon cepatnya transformasi era digital, sehingga perlu adanya tim khusus yang menangani masalah web digital, web server, dan lain lain.

Pelatihan yang bertempat di gedung BLKK ini diadakan satu minggu dua kali pada pukul 08.00 WIS. Achmad Wijaya, S.Kom. yang sebelumnya merupakan salah satu tenaga teknologi informasi di PPMU Bakid, ditunjuk untuk memberikan pelatihan secara intens hingga semua peserta dapat menguasainya.

Menurut beliau, yang saat ini juga menjadi pengembang utama teknologi informasi di RSU Dr. Haryoto Lumajang. Penting akan adanya tim pengelola manajemen dari internal pesantren sendiri, karena menjaga data data penting terkait internal Pesantren harus orang orang pesantren itu sendiri. “Kita tidak bisa terus mengandalkan orang dari luar pesantren, mengingat kesibukan setiap orang itu tidak sama, sementara hal semacam ini selalu dibutuhkan di setiap waktu.” Tutur pria yang merupakan lulusan Institut Teknologi Nasional Malang ini.

Pewarta: Muhammad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *