Perpustakaan Terpadu Pondok Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul menggelar Ngaji Jurnalistik untuk meningkatkan kompetensi para pengelola media dan mading yang tersebar di pesantren, Jum’at (31/12/21).

Kegiatan yang digelar di Aula Perpustakaan Terpadu Lantai 2 tersebut menghadirkan narasumber dari Tim Sidogiri Media yang berjumlah 7 orang.

Kegiatan yang digelar mulai jam 08.00 hingga 16.00 wib tersebut diikuti oleh tim redaksi dari beberapa mading ekstrakurikuler pesantren yang terdiri dari el-Hijrah, Tabayyun, el-Ihsan, Mathla’, LFMU dan mading-mading mulai daerah A-G.

Kegiatan diawali dengan pembukaan dan sambutan wakil pengurus PPMU BAKID, M. Amanu, S.H. Dalam sambutannya, Ustadz Amanu menyampaikan terimakasih atas kesediaannya Tim Sidogiri Media yang telah berkenan hadir untuk berbagi ilmu dengan para santri di Miftahul Ulum. Pihaknya berharap para peserta yang hadir agar betul-betul mengikuti kegiatan tersebut dengan baik dan khidmat. “Semoga dengan kegiatan ini akan lahir penulis-penulis handal seperti Sidogiri.” ucapnya

Sementara itu, Ustadz Ali Wafa selaku Koordinator Tim Sidogiri Media dalam orientasinya mengatakan bahwa literasi di Sidogiri bisa eksis hingga saat ini karena Bonek (Bondo Nekat). Sidogiri tidak ada madrasah formal, 24 jam di Sidogiri mempelajari kitab kuning.

“Semangat ini terus kami jaga karena para Masyayikh NU Jawa Timur berpesan agar tidak meninggalkan dunia literasi. Karena tulisan ini adalah dasar keilmuan dan merupakan media arsip intelektual ulama. Walaupun saat ini muncul berbagai media sosial yang berbasis digital.” Jelas pimred Buletin Sidogiri ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.