Headlines

Memotivasi Santri, Madin Adakan Grand Final Uji Baca Kitab EBTAMA

mubakid.or.id – Dari pelaksanaan uji baca kitab EBTAMA kemarin yang  berjumlah 15 ruangan, menyisakan 15 peserta nilai tertinggi dari masing-masing ruangan melaju ke grand final yang dilaksanakan pada Senin, (22/01/2024). Kegiatan ini bertempat dilantai bawah Gedung Perpustakaan yang biasa digunakan (Transit) untuk penginapan Guru sepuh yang dari luar.

Baca Juga: Sebagai Syarat Kelulusan, Madin Laksanakan Uji Baca Kitab EBTAMA

Ada 9 juri yang hadir memberikan penilaian pada grand final ini, diantaranya Dihadiri oleh Kepala Madin Miftahul Ulum Ust. Muhammad Muhyi, S.Pd., Ust. Ali Muhdhor dan Ust. Muayyani. Kriteria penilaian ini mencakup kebenaran makna mufrodat, pemahaman redaksi dan pertanyaan seputar nahwiyah, shorfiyah dan fiqhiyah. Kitab yang diujikan adalah kitab Fathul Qorib dengan batas yang telah ditentukan Madin.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 20.00 WIS dengan Ust. Muhyi memberikan sambutan, teknis lomba dan arahan kepada para peserta, seperti aba-aba menggunakan lampu, lampu warna kuning pertama sebagai tanda persiapan peserta memulai membaca, lampu warna hijau peserta mulai membaca, lampu warna kuning kedua peserta berhenti membaca guna menjawab pertanyaan dari dewan juri dan lampu warna merah peserta mengakhiri uji baca kitab tersebut.

Peserta satu persatu maju setelah dipanggil guna mengambil undian maqro’ yang akan dibaca. Selain itu, pengumuman juara akan diumumkan saat haflatul imtihan nanti.

M. Bakiruddin mengatakan bahwa kegiatan ini bukan untuk persaingan, melainkan untuk fastabiqul Khoirot (Berlomba-lomba dalam kebaikan) memotivasi santri lainnya agar lebih meningkatkan waktu belajarnya.

Pewarta: Reza

Editor: Ebied

Leave a Reply