Headlines

Uji Baca Kitab Semester Ganjil Madrasah Diniyah Aliyah

mubakid.or.id – Untuk pertamakalinya MADIN (Madrasah Diniyah) PPMU Bakid mengadakan uji baca kitab semester ganjil bagi kelas 1 Aliyah pada Senin siang 4 September 2023. Semester ini dilakukan dua kali selama setahun, karena untuk mengevaluasi pembelajaran siswa selama setengah tahun dan mengukur kemampuan siswa Aliyah yang akan diberangkatkan ke berbagai daerah sekitar dan luar pulau Jawa – Madura seperti Batam dan Maluku Utara sebagai guru bantu.

Total sebanyak 101 siswa yang mengikuti kegiatan ini, dengan satu penguji yang bertempat di lima tempat yaitu Masjid Jami’ Miftahul Ulum lantai 2, Kantor Pesantren bagian timur, ruang Laboratorium MA Miftahul Ulum, Gedung Perpustakaan Terpadu dan ruangan BLKK (Balai Latihan Kerja Komputer). Kitab yang diujikan adalah kitab fathul mu’in dengan kriteria penilaian makna mufrodat, Pemahaman dan syarah (Penjelasan).

Kegiatan ini dimulai pada pukul 11.30 WIS dengan masing – masing siswa mengambil maqro’ yang akan diuji, sebanyak lima baris yang dibaca, lalu menjelaskan maksud dari maqro’ yang dibaca kemudian menjelaskan secara detail menggunakan papan yang telah disediakan oleh panitia.

Di samping itu, pihak MADIN juga mengadakan uji tulis semester ganjil bagi Aliyah pada Sabtu 26 Agustus 2023, uji tulis ini terlaksana selama satu minggu yaitu sampai Kamis 31 Agustus 2023 di masjid Jami’ Miftahul Ulum lantai 2.

Soal uji tulis semester ini sedikit berbeda dengan ujia tulis kuartal biasanya, soal ini hanya berisi soal uraian saja, tidak ada pilihan ganda “Hal ini sudah dirapatkan kemarin bersama pengurus, karena memang untuk benar – benar menguji pengetahuan siswa Aliyah, memancing mereka supaya bermutola’ah dengan sungguh – sungguh, sehingga menjadi bekal tersendiri ketika mereka diberangkatkan sebagai guru bantu.” Ungkap Hanafi selaku Seksi kesiswaan Aliyah.

Beliau (Hanafi) juga berpesan kepada seluruh siswa Aliyah, agar tetap semangat, disiplin dan lebih ditingkatkan dalam bermuthola’ah meski tidak ada semester, guna mempersiapkan diri sebagai calon guru bantu.

Pewarta: Reza

Leave a Reply