Headlines

Tes Kenaikan Kelas PQMU Bakid

mubakid.or.id – Senin 07 Agustus 2023 PQMU Bakid menggelar tes ujian kenaikan kelas Pesantren al-Qur’an. Acara yang dimulai pukul 21.00 WIS ini bertempat di Gedung aula PP Miftahul Ulum Bakid.

Terdapat empat kelas yang mengikuti tes yakni Ula C, Ula B, Ula A, dan Wustha. Tes ujian ini dilaksanakan secara bertahap hingga tiga hari. Hari pertama diisi oleh kelas Wustha dan Ula A dengan 10 ruangan dan 2 pengawas disetiap ruangnya, hari kedua diisi oleh Ula B dengan 11 ruangan, dan hari ketiga diisi oleh Ula C dengan 11 ruangan.

Seharusnya tes ujian ini dilaksanakan pada bulan Muharram, akan tetapi terpaksa diundur karna banyak santri baru yang datang telat. Dan hari terakhir tes ini juga akan diikuti oleh santri baru yang masih belum memiliki kelas” Papar ketua panitia, Ro’uf.

Aspek penilaian dalam tes ini tidak mencakup terhadap materi tapi merupakan kesalahan pada bacaan baik itu salah jali (Kesalahan yang dapat mengubah makna dalam bacaan al-qur’an) atau salah Khafi (Salah mempraktekkan bacaan dalam al-Qur’an, meliputi tawallud, imalah dan lain sebagainya).

Adapun materi yang di uji ialah, Gharo’ibul Qiro’ah untuk kelas Wustha, Mabadhi’ unutk kelas Ula A dan B, dan makharijul huruf untuk kelas Ula C.

Untuk Penguji, diambil dari seluruh tenaga pengajar aktif PQMU Bakid tapi ada juga tenaga pengajar yang dari luar seperti Ust. Syahrul dan Ust. Fauzi.

Pewarta: Ebied

Leave a Reply