Headlines

Tingkatkan Santri Di Dunia Literasi, Daerah E Gelar FBS

mubakid.or.idKamis 22 Juni 2023 pihak  Perpustakaan Daerah E menggelar FBS (Forum Bincang Santai). Acara ini rutin terlaksana setiap malam Jumat setelah usainya kegiatan tahlil pukul 20.30 WIS.

Forum dengan Slogan “Mari Kemukakan Pendapat Anda & Hargai Pendapat Orang Lain” yang bertempat di halaman daerah E ini diikuti oleh siswa kelas 4 MID sampai 1 Madrasah Aliyah.

Ketua Panitia forum Ahmad Ryan menjelaskan tentang terlaksananya forum ini atas inisiatif santri daerah E, untuk bersaing dengan daerah lain dalam mengikuti event yang diadakan oleh Perpustakaan Terpadu “Karena mulai dari dulu daerah dipandang sebagai daerah yang minim dalam hal literasi, tapi semoga kedepannya bisa mengimbangi daerah yang lain.” Paparnya.

Jauh – jauh hari sebelum pelaksanaan acara, Panitia forum Bincang Santai akan menyebarkan Brosur yang berisi tema, hal tersebut berguna untuk menyaring usulan tema yang akan ditetapkan dari para peserta.

Forum ini di buka dengan acara pembacaan bahan diskusi forum, Lalu semua Delegasi di beri waktu untuk mengemukakan pendapatnya disusul dengan Sesi Sanggahan, Dimana dalam Sesi ini Semua Delegasi diberi Kebebasan untuk mempertahankan pendapatnya & menyanggah pendapat Delegasi Lain yang dipimpin oleh Moderator. Lalu hasil diskusi akan dirumuskan oleh Tim Perumus Dan dipublikasikan langsung di Mading  E lite Comunity.

Forum ini sudah menghasilkan beberapa karya seperti Cinta adalah Pembodohan, Islam Is not a teroris, Titik Dilematis antara teman & Ilmu, Kupas Tuntas Biografi Syaikh Siti Jennar dan pendapat mengenai Manunggaling Kawula Gusti.

Tujuan diadakan forum ini Selain untuk Meningkatkan Minat baca Juga melatih Public Speaking (Mengemukakan Pendapat di depan Umum) Serta belajar Menghargai Pendapat Orang lain.” ungkap ketua Panitia Forum Ahmad Rian.

Sementara itu pada kamis malam 23 Juni 2023, tim mading Tabayyun menggelar acara rekrutmen anggota baru. Acara ini dimulai setelah kegiatan tahlil yang bertempat digedung perpustakaan terpadu.

Seluruh peserta dari masing – masing daerah yang sebelumnya telah mendaftarkan diri pada korda akan diberi kesempatan untuk membaca kitab karna hal itu memang telah menjadi acuan utama bagi lolosnya peserta. Hadir pada acara tersebut Ust. Rofi’I, Ust Mujib, dan Ust. Abdul Hamid.

Pewarta : Ebied dan Reza

Leave a Reply