Headlines

Seluruh 250 Calon Jama’ah Haji KBIHU Miftahul Ulum Tuntas Mengikuti Manasik Haji Terakhir

mubakid.or.id – “Mantapkan niat, bulatkan tekad, semata-mata mengharap ridho’ Allah Ta’ala” Pesan Kiai Husni Zuhri Pembina KBIHU Miftahul Ulum dalam sambutannya pada acara manasik praktek haji terakhir yang bertempat di Gedung Aula PPMU Bakid pada Sabtu (11/05/2024).

Manasik kali ini merupakan gabungan antara perwakilan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) Lumajang dan wilayah Jember. Oleh karena itu, jumlah calon jama’ah haji saat ini mencapai angka 250 jama’ah yang akan berangkat pada 23 Mei 2024 mendatang.

Hadir dalam acara tersebut KH. Husni Zuhri (Pembina KBIHU Miftahul Ulum), H. Abd. Rofiq S. Ag, M. Pd (Kasi PHO Kemenag Lumajang), Nur Sholeh, M,Pdi (Kasi PHO Kemenag Jember), KH. Badrus Shodiq, KH. Khotibin Abdullah, H. Ahmad fauzi (Kepala KBIHU Miftahul Ulum) dan segenap kepengurusan KBIHU Miftahul Ulum.

“Yang kami harapkan untuk pelaksanaan haji ini tentunya mencapai dua kesuksesan, pertama sukses perencanaan dan yang terakhir sukses pelaksanaan” Dawuh Kiyai Husni. Beliau mengingatkan kepada para calon jama’ah haji bahwa hal pertama kali yang diluruskan adalah niat, “Bukan ingin dipanggil aba, umi tapi semata-mata mengaharap Ridho Allah.”

Selain itu, beliau juga mengumpamakan orang yang melakukan ibadah haji sama halnya dengan ibu yang akan melahirkan, “semakin dekat hari pelaksanaan semakin khawatir, begitu selesai proses pelaksanaannnya malah ketagihan. Kelahiran itu sukses lancer, manakala persiapannya cukup matang, mulai dari Kesehatan fisik, mental dan sebagainya, sehingga bayi yang dilahirkan sehat dan ibu yang melahirkan juga sehat, kira-kira begitulah harapan kami.” Pungkas beliau.

Acara yang diselenggarakan di Gedung Aula PPMU Bakid ini dalam rangka mempersiapkan calon jama’ah haji dalam melaksanakan ibadah haji sesuai dengan aturan syar’i. Tak hanya itu, para calon jama’ah haji juga diarahkan secara detail mengenai perlengkapan selama berada di Jeddah, mulai dari pakaian, penginapan, sampai penjelasan data internet yang akan digunakan.

Setelah pemateri cukup menjelaskan perihal ibadah haji,para calon jama’ah haji berkumpul di halaman MA. Miftahul Ulum guna mempraktekkan rukun ibadah haji mulai dari thawaf, sa’I dan bacaannya yang didampingi oleh Ust. Sholeh Ardiansyah, KH. Badrus Shodiq dan KH. Khotibin Abdullah.

Di akhir acara, H. Fauzi Kepala KBIHU menambahkan agar para jama’ah betul-betul menyiapkan segala kebutuhan dan perlengkapan selama melaksanakan ibadah haji serta menjaga Kesehatan demi kelancaran pelaksaan ibadah haji.

Pewarta: Ebied

Leave a Reply