Ahad 30 Juni 2022, lembaga Pengembangan Bahasa Asing (LPBA) untuk pertama kalinya selama tahun ajaran mengadakan rapat kurikulum yang mana hal ini di nahkodai langsung oleh ketua LPBA Ust. Jamhuri.

Pada rapat tersebut semua Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dirombak demi terciptanya pembelajaran yg nyaman dan kondusif, mulai dari kelas baru (Beginner Class), kelas lanjut (Intermediate Class) Dan kelas Pengambangan (Advance  Class).

Program malam Jumat juga menjadi bahasan agar lebih efektif untuk penerapan bahasa Inggris di event-event tertentu seperti debat dan sing song dalam setiap kelas.

Mentransformasikan pengalaman dan pelajaran di beberapa kursusan yang telah di tempuh oleh sebagian teacher (guru) di kampung Inggris Pare, sehingga banyak hal yang perlu di benahi di ranah KBM sehingga mutu belajar dan mengajar bisa memberikan kenyamanan bagi murid.

Dalam rapat tersebut masuk dalam pembahasan mengenai grammar, speaking, pronunciation, weekly meeting dan shadowing English. Penerapan ini merupakan bentuk penerapan lanjut dari apa yg pernah di pelajari di Pare, sehingga nilai ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) adalah kerja nyata setelah pulang dari kursus di Pare.

Ketua BEC (Bakid English Course) Ust. Ahmad Syarifudin menyambut hangat perubahan kurikulum tersebut karena menurut beliau sudah seharusnya program lembaga pengembangan bahasa Asing yang merupakan ekstrakurikuler pesantren ini bisa bersaing dengan lembaga-lembaga bahasa asing di luar pesantren.

Kendati demikian hal penting yang harus benahi adalah mindset Anggota baru yang rentan berhenti di tengah jalan baik karena lingkungan dan atau keadaan waktu yang tidak memungkinkan untuk belajar bahasa Inggris.

Peliput: Jamhuri

Editor: M Kholili

6 thoughts on “LPBA Miftahul Ulum Adakan Pembenahan Kurikulum

  1. Bagi para member baru memang hal yg akan diterima tidak sesuai yg diinginkan namun hal yg akan terjadi itu akan memuaskan.
    My memories : saya merasa bersyukur pernah belajar di lpba bagian b.inggris karna Inggris yg saya jalani berbeda, Inggris dilpba itu pendidikan tapi saya merasa bahagia karna saya pernah merasakan hal itu dan sekarang saya terjun difabrikasi migas bumi PT MC dermort tiap hari bisa coversation sama org asing,jng menyerah trus semangat karna ingat kata” motifasi dri Jackie Chan: before you be master
    You mush : pation,hardwork,and believe don’t forget always pray.

  2. 1. Perlu adanya penentuan materi dan target yang harus dicapai disetiap tingkatannya supaya lebih efektif danterarah.
    2. Untuk tenaga pengajarnya harus benar benar dipilah berdasarkan kemampuan dan attitude nya bkn brdasarkn durasi waktu dia join LPBA, dlm hal ini perlu adanya micro teaching, test pengetahuan, interview dll untuk mngetahui kelayakannya.
    3. Berikan sanksi yang tegas untuk teman teman yang speak bahasa atau yang melanggar aturan aturan di LPBA.
    4. Ciptakan suasana yang FUN dn jgn terlalu monoton dlm pmbljaran, coba untuk berkreasi dan sekreatif mungkin.

  3. Terimakasih atas sarannya semoga kedepannya bisa berinovasi dan bersinergi dalam membentuk karakter yg bisa beradaptasi dengan luar lingkungan

Leave a Reply

Your email address will not be published.