(BAKID/COM)-Senin malam selasa 19-09-2022 PPMU Bakid mengadakan acara Forum Diskusi Santri Intelek (FODASI) yang diselenggarakan satu bulan sekali, musyawarah pada malam ini berbeda dengan musyawarah rutinan yang dilaksanakan disetiap malam selasa mulai dari peserta diskusi yang biasanya hanya perdaerah mulai dari daerah A sampai LPBA, tapi pada diskusi malam ini peserta diskusi mulai dari perdaerah, kelas mulai dari kelas 5 MID (Madrasah Ibtidaiyah Diniyah) sampai kelas 1 MAD (Madrasah Aliyah Diniyah), Asatidz bahkan ada delegasi dari perwakilan Madin (Madrasah Diniyah) dan delegasi Pesantren, dan dihadiri oleh Ust. Khoirus Sholeh L.c dan Ustd. Hamdi L.c sebagai perumus dan Ust. Mukhlas L.c dan Ust. Muhyiddin kepala sekola madrasah Diniyah PPMU Bakid sebagai Mushohih.  Acara ini awalnya diselenggarakan di outdoor yakni dilapangan Madrasah Aliyah Miftahul Ulum berhubung ada kendala hujan yang mengharuskan musyawarah dilaksanakan di dalam ruangan, acara ini bertempat di gedung Aula Pesantren miftahul Ulum.

Acara dimulai pada pukul 21.45 WIS yang dibuka dan dipimpin oleh Ust. Sirojul Munir selaku MC sekaligus moderator pada diskusi kali ini,  forum pun dibuka dengan pembacaan suroh Al-fatihah yang dipimpin oleh pembawa acara dengan harapan diskusi pada malam ini dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala lagi dan dapat memberikan manfaat bagi santri. Dilanjut dengan pembacaan as’ilah yang dibacakan oleh sang moderator dan dipersilahkan untuk musyawirin bertanya tentang permasalahan jika ada musykilat-musykilat yang belum dipahaminya. Setelah musyawirin mempertanyakan kejanggalan pada masalah yang akan dibahas, diskusi pun dimulai.

Diskusi berjalan seru dan agak memanas diantara delegasi, sanggahan dan tanggapan tentang jawaban saling terlontarkan diantara delegasi, bahkan beberapa kali moderator meminta arahan perumus. Pada akhirnya perumusan masalah tiba namun delegasi masih ada yang keberatan tentang hasil perumusan sehingga masih kembali didiskusikan.

Acara yang digagas tim Gamus (Gabungan Musyawarah Santri) ini ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Ust. Mukhlas L.c dan para musyawirin serentak mengaminkannya.

Tujuan dari diadakannya diskusi semacam ini disamping melatih mental para santri untuk berbicara di depan khalayak umum, juga agar adik-adik santri dapat mengetahui dan memperluas wawasan ilmu pengetahuan tentang fiqih yang belum dipelajari didalam kelas dan menoleransi perbedaan pendapat.

Pewarta: Reza

Editor: Muhammad  

Leave a Reply

Your email address will not be published.