ASRAMA G – PPMU BAKID,  Kembali pada tujuan awal dan utama, Kamis 21/07/22 Majalah dinding daerah G atau yang masyhur dikenal dengan istilah Mading Pantai Literasi (MPL) telah menyelenggarakan sayembara karya tulis yang diprakarsai langsung oleh Fahmi Zakaria selaku Pimpinan  redaksi Majalah dinding G. kegiatan ini berlangsung hampir 3 jam lebih, mulai dari selesai kegiatan pembacaan burdah daerah sekitar jam 21:00 sampai jam 24:00 malam.

             Sayembara karya Tulis MPL ini diselenggarakan tidak lain dengan tujuan menggali potensi literasi baca tulis masyarakat dareah G khusunya. Ust. Moch. Ali Wafa selaku Kepala daerah G juga antusias dan berpartisipasi dalam kegiatan sayembara ini, beliau juga sedikit menuturkan “ kegiatan ini dinilai baik dan perlu dilestarikan” Tuturnya.  Peserta pada Sayembara karya tulis ini bisa dibilang cukup banyak; sekitar 30 Peserta yang berantusias akan kegiatan ini.  hal ini bisa dibuktikan dengan salah satu Peserta termuda dengan nama Husni asarama G 14 yang menanggapi baik dengan menuturkan “seneng banget ikut sayembara karya tulis ini, selain termasuk hobi, juga dapat menggali bakat saya yang terpendam”Pungkasnya.  

            Pada  kegiatan ini, ada 5 Rubrik yang dilombakan. Diantaranya, Rubrik cerpen, puisi, berita, opini dan Profil pendek Asatidz daerah G. rata-rata jika dihitung dalam skala Peserta, kebanyakan Peserta lebih minat pada rubrik puisi dan cerpen. Mungkin karena lebih luas pikiran yang dapat digunakan dan juga tidak perlu mencari data fakta sebagai refrensinya. Pemenang sayembara ini akan diumumkan setelah kegiatan evalusi triwulan Pesantren sekitar akhir bulan agustus 2022. Peserta yang dinyatakan sebagai juara akan dilantik sebagai Redaktur resmi Mading Partai Literasi, salah satu paparan Pemimpin redaksi pada kegiatan ini.

            Ust. Husen selaku Pendidikan Tsanawiyah daerah G juga ikut berpartisipasi pada sayembara karya tulis ini, beliau juga ikut menemani para Peserta sampai batas akhir pengumpulan karya. Beliau juga sedikit menuturkan “Jika itu masih dibilang berkaitan dengan Pesantren, sebesar apapun ujiannnya, sejauh apapun jalurnya pasti akan kami lewati dan khidmati” Paparnya. Pada akhir wawancara kami Pimpinan redaksi memaparkan tentang Sistem penilaian pada sayembara, bahwa dinilai dengan standart umum penilaian Pesantren dimana tidak terlalu tinggi yang dapat dipahami pihak bawah dan tidak terlalu rendah sehingga dikatakan lemah.

             Dengan adanya kegiatan ini, daerah G bisa dibilang sebagai daerah aktif dalam bidang peminatan literasi baca tulis. Majalah dinding kecil, namun bisa menyelenggarakan kegiatan besar dengan fasilitas dan prasana yang terbatas. (UWQ/21//07Kam).

Leave a Reply

Your email address will not be published.