Headlines

Lomba Bintang Pesantren Penyisihan 1 Resmi Dimulai

mubakid.or.id – Pada malam pertama pelaksanaan Lomba MAS, lomba Bintang Pesantren penyisihan 1 resmi dimulai, diikuti oleh 16 peserta dengan 2 perwakilan santri terbaik setiap daerah, malam Sabtu (09/02/2024).

“Semoga, dengan adanya lomba bintang Pesantren bisa menjadi ajang yang penyemangat santri untuk mendalami ilmu, menjadi evaluasi bahwa masih banyak ilmu yang masih belum diketahui.” Ujar Wakil Ketua Panitia MAS M. Yazid Al-Bustomi.

Suasana tegang lomba Bintang Pesantren ini sudah dirasa sejak pemandu lomba Ust. Hamzah M.R, S.H, menaiki panggung MAS, peserta dipanggil satu persatu untuk duduk dikursi yang telah ditentukan panitia, Peserta lalu diberikan lembar jawaban guna menjawab pertanyaan dari sang host. Para penonton dilarang memberi jawaban, jika dilanggar maka resikonya 2 peserta dari daerah pemberi jawaban akan didiskualifikasi.

Satu persatu pertanyaan dibacakan oleh host, peserta seretak menjawab Bersama dengan waktu 1 menit hingga pertanyaan akhir.

Sebanyak 10 pertanyaan yang harus dijawab peserta, pertanyaan ini diangkat dari beberapa materi yang sudah ditentukan sejak awal tahun, yaitu kitab Fathul Qorib dan Tuhfatut Thullab (Ilmu Fiqih), Idhohul Mubham (Ilmu Mantiq), At-Tibyan Fi Ulumil Qur’an (Ulumul Qur’an), Taisir Mushtohlahul Hadits (Ilmu Periwayatan Hadits), Qowaidul Hisab (Ilmu hisab), Jawahirul Maknun (Ilmu Balaghoh), Alfiyah Ibnu Malik dan Imrithi (Ilmu Nahwu), Amtsilatut Tashrifiyyah (Ilmu Shorrof), Hasyiyah Ad-Dasuqi (Ilmu Tauhid) dan Tafsir Jalalain (Ilmu tafsir Al-Qur’an) dengan batas awal sampai akhir kitab.

Standar penilaian diukur dari seberapa banyak benar dalam menjawab setiap soal, kebenaran setiap soal memiliki 10 poin.

Ada 6 peserta yang berhasil lolos ke babak penyisihan dua yang akan dilaksanakan Sabtu mendatang pada 16 Februari 2024.

Lomba Bintang Pesantren merupakan salah satu ajang paling bergengsi di pelaksanaan lomba MAS ini. Di babak grand final nanti, ada 15 pertanyaan yang harus dijawab peserta. Wakil Ketua Panitia MAS M. Yazid Al-Bustomi mengharapkan, lomba bintang pesatren kali ini peserta grand final dapat menjawab hingga pertanyaan akhir, “Sejauh ini tidak ada santri yang sampai menjawab 15 pertanyaan, terakhir paling akhir sampai 13 pertanyaan, semoga tahun ini bisa memecahkan rekor tersebut.” Pungkas beliau.

Pewarta: Reza

Editor: Ebied

Leave a Reply