Headlines

 Rapat Sosialisasi Dan Evaluasi Ubudiyah Santri

mubakid.or.id – Kepengurusan PPMU Bakid mengambil langkah progresif dalam meningkatkan kualitas ubudiyah, pembinaan moral dan kesiplinan santri dengan mengadakan rapat koordinasi yang melibatkan semua lemen Pesantren yang memiliki pergerakan sebagai badan khusus yang bertanggung jawab mengontrol ibadah santri, mulai dari Kepengurusan, Asatidz, kelas 1 MAD dan kelas 3 MTsD. Malam Senin (10/12/2023). Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan sinergi para santri dalam penerapan ubudiyah, baik dari segi disiplin menjaga waktu sholat, thoharoh (Cara bersesuci) dan sebagainya, agar santri dalam satu pemahaman sehingga program Pesantren berjalan dengan baik.

Bertemapat di Perpustakaan Terpadu dengan dihadiri oleh Ketua Ubudiyah Hanafi, Koordinator Pengurus M. Ali Wafa, S.H., Korbid Pendidikan Abdullah, Kasie. Pendidikan Abd. Halim, S.H., Bidang Kesiswaan Kholil, Ketua PM (Pengwas Masjid) Andi dan segenap kepengurusan lainnya.

Rapat ini telah diadakan mulai dari malam selasa kemarin (05/12) secara bertahap, mulai dari antar Kepengurusan Korbid, Seksi-Seksi, kepala daerah, kelas 1 MAD dan kelas 3 MTsD.

Rapat dimulai pukul 09.45 WIS dengan M. Ali Wafa menyampaikan arahan mengenai pembinaan ubudiyah, seperti mendidik para santri dengan santun dan berakhlakul karimah “Sekiranya merangkul, bukan memukul. Memberikan pemahaman dengan lemah lembut agar santri tidak jengkel, mendidik itu agar lebih memudahkan, jangan menyulitkan. Memberikan kabar bahagia, bukan menebar ketakutan. Disamping itu, Kita juga yang harus memberikan teladan yang baik kepada adik-adik kita, bukan hanya bil lisan (Dengan ucapan) melainkan juga dengan bil amaliyah (Pekerjaan),” Jelas beliau.

Beliau juga menegaskan agar para santri senior lebih mengawasi santri junior dalam mempraktekkan amaliyah dan ubudiyah sehari-hari, seperti sholat dan berwudhu’ dengan sempurna lengkap sunnahnya. “mari tingkatkan lagi kualitas ubudiyah di Pesantren kita ini. Tinggalkan kebiasaan lama yang kurang baik menuju kebiasaan baru yang lebih baik.” Paparnya.

Arahan dari Koordinator Pengurus Ali Wafa, S.H.

Abd. Halim juga berharap agar semua santri bisa bekerja sama untuk mentaati peraturan Pesantren dan terciptanya santri yang bisa mengayomi, mendampingi dan memberikan uswatun hasanah. “Jangan lupa juga, jika ada problem untuk saling koordinasi, mencari bersama cara menyelasaikannya, dengan fikroh (Berpikir), Amaliyah (Mengamalkan dan harokah (Bergerak) sesuai dengan apa yang didawuhkan Syaikhuna.”  Pungkas Beliau.

Sebelum rapat berakhir, ada sesi tanya jawab dan serap aspirasi diantara peserta rapat. 

Pewarta: Reza

Editor: Ebied

Leave a Reply