Mubakid.or.id – Kamis 17 November 2022 menjadi hari terakhir Kuartal II di PPMU BAKID dari seluruh rangkaian Kuartal yang dimulai pada 31 Oktober lalu. Ujian yang dibuka dengan baca kitab tersebut, setidaknya menjadi angin segar bagi santri untuk saat ini, sebelum kembali melangkah ke Ujian Kuartal III akhirussanah.


Disamping hari terakhir, ujian tadi pagi juga terlihat berbeda, terutama bagi kelas I & II MTsD. Jika ujian biasanya dilarang membawa kitab & buku dalam bentuk apapun, maka khusus Ilmu Hisab peserta diperbolehkan membawa kaedah rumus dan Kitab Fathur Ra’uf. Bahkan, untuk pengerjaannya para peserta tidak dibatasi dengan waktu atau boleh melebihi batas waktu ujian, disesuaikan dengan kemampuannya masing-masing.


Panitia menilai, bahwa untuk ilmu hisab proses pengerjaannya memang tidak semudah dibandingkan pelajaran lainnya. Karena diperlukan ketelitian serta kejelian dalam menjawab seluruh soal. Jika ada kesalahan satu angka saja maka hasil akhirnya akan berubah. Maka dari itu Ust. Rohed selaku tim soal ilmu hisab memberikan dispensasi waktu terhadap seluruh peserta.

Pewarta: Muhammad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *