Dalam kehidupan manusia, kesehatan adalah hal yang paling berharga untuk selalu dilayani dan dinomor satukan urusannya. Mengingat kesehatan adalah pondasi dasar yang dapat menjamin kehidupan terlaksana. Oleh sebab itu, dalam urusan kesehatan ini, kesehatan anak bangsa sangat perlu untuk difokuskan dalam pelayanan dan pembahasannya. Dengan hal ini, sangat perlu kiranya untuk diselenggarakan sebuah kegiatan upaya kesehatan yang mempunyai tujuan untuk mencapai kemampuan hidup sehat bagi setiap manusia. Penjaringan kesehatan siswa atau yang masyhur dengan istilah Screaning kesehatan siswa adalah salah satu bentuk pelayanan kesehatan agar dapat menjaring keberadaan siswa yang mengalami masalah kesehatan agar segera mendapat penanganan yang sigap dan baik.

Oleh sebab itu, Pos Kesehatan pesantren (POSKESTREN) Miftahul Ulum Bakid bekerja sama dengan Puskesmas jatiroto Lumajang dalam Kegiatan Penjaringan kesehatan  Screaning  yang diikuti oleh Beberapa  peserta didik lembaga formal yang berada dibawah naungan PPMU Bakid. Diantaranya, Mts. Miftahul Ulum 01, Mts. Miftahul Ulum 02, MA. Miftahul Ulum 01, MA. Miftahul Ulum 02 yang berlangsung pada Rabu 29 September 2022. Kemarin.

Kegiatan ini dilaksanakan kurang lebih selama 4 jam mulai dari 10:00-13:00 Wis. Di gedung Aula PPMU Bakid. H. Muki Irwansyah dan ibu Yulis selaku Promotor Puskesmas Jatiroto sekaligus Tenaga medis Poskestren Miftahul ulum memberikan sambutan sekaligus beberapa materi kesehatan dan PHBS sekolah dalam pembukaan acara. Mereka berdua juga sedikit memberikan tujuan awal dalam kegiatan ini “Kegiatan ini, selain agar terdeteksinya siswa akan kesehatanyan juga agar siswa yang mengalami penyakit parah dapat dirujuk ke puskesmas dan dapat ditangani dengan cepat “. Paparnya.

Adapun Screaning Kesehatan pada kegiatan kali ini, hanya beberapa yang dilaksanakan. Diantaranya, pemeriksaan gigi, mulut, telinga dan kulit. Dan untuk pemeriksaan organ lainnya insyaallah akan dilanjutkan pada kegiatan selanjutnya.

Harapan Ust. Nur Wafi selaku Waka. Poskestren sedikit bercerita tentang kegiatan Screaning  Kesehatan kali ini “ Saya sangat bersyukur terlaksananya kegiatan kali ini, dan semoga kegiatan seperti ini dapat melahirkan kerja sama yang baik antara Poskestren Miful Bakid dengan Puskesmas Jatiroto Lumajang. Selain itu,  kami dari tim poskestren siap untuk melakukan segala agenda kesehatan yang datangnya dari Puskesmas jatiroto dengan semampu kami”. Pungkasnya.(UWQ/Rab/28)

Pewarta: Uwasy al Qorny

Editor: Muhammad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *