Lembaga pengembangan bahasa Asing (LPBA) ditetapkan sebagai lembaga ekstra yang berada di bawah naungan yayasan Miftahul Ulum Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang, untuk memberikan wadah kepada para santri yang menyukai bahasa asing terutama bahasa Arab dan bahasa Inggris.

LPBA sendiri merupakan lembaga yang menaungi dua organisasi yaitu Matla’ (bahasa Arab) dan BEC (bahasa Inggris). Kedua organisasi ini merekrut anggota dari kalangan santri mulai dari kelas dasar sampai kelas perguruan tinggi.

Kegiatan dan pembelajaran dimulai sejak subuh setelah sholat dengan menyanyikan lagu-lagu bahasa Arab (untuk Matla’) dan irregular verb (untuk BEC). Setelahnya menyetor kosa kata dan di lanjutkan dengan KBM, setalah kegiatan kepesantrenan untuk bahasa Arab berada di gedung terpadu sedang bahasa Inggris berada di gedung Mts. proses KBM berjalan selama 45 menit sebelum kegiatan sekolah Diniyah.

Setelah kegiatan sekolah Diniyah dilanjutkan dengan chating/muhawarah selama setengah jam sebelum kegiatan formal. Di malam hari ada waktu ekstra untuk mengulang kembali pelajaran di waktu pagi.

Proses pengembangan pembelajaran dengan tutor luar dari pesantren juga dibagi menjadi dua waktu, yakni malam Sabtu-Minggu tutor bahasa Inggris, Rabu-Kamis tutor bahasa Arab. Malam Selasa difokuskan pada gamus (gabungan musyawarah santri) sedangkan malam Jum’at diisi dengan kegiatan LPBA (satu Minggu pertama matla’, satu Minggu kedua BEC). Di malam Jum’at tersebut semua organisasi membuat kegiatan terutama para pengajar untuk anak didiknya diberikan kegiatan nyata seperti debat, drama, pidato, puisi, nonton film dan kegiatan yang menyenangkan lainnya.

Proses kenaikan kelas juga ada, menjadi dua waktu yaitu di bulan Syawal dan Robi’ul awal agar semua program pelajaran bisa di tempuh dengan cepat. Pun demikian setalah selesai maka sebagai tahap akhir dan yang direkomendasikan untuk menjadi guru akan diutus untuk mengikuti pelatihan di beberapa kursusan yang telah ditetapkan pengurus pesantren.

Sebelum kenaikan kelas diadakan tasyakuran atau yang biasa di sebut haflah/farewell party dan di sini teman-teman mempraktekkan hal hal yang berbau bahasa dari masing-masing organisasi. Dalam hal ini juga semuanya elemen ikut hadir untuk mensukseskan acara mulai dari pihak ke kepesantrenan, pendidikan, dan kepala daerah.

Pewarta: Jamhuri

Editor: Kholili

Leave a Reply

Your email address will not be published.