Headlines

Rombongan Jamaah Haji KBIHU Miftahul Ulum Wilayah Jember, Tiba Di PPMU Bakid

mubakid.or.id – Setelah selama kurang lebih 40 hari melaksanakan ibadah haji di Mekkah Al-Mukarromah, akhirnya bus yang ditumpangi 48 jamaah haji KBIHU Miftahul Ulum wilayah Jember tiba di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul Lumajang, Selasa siang (02/07/24).

Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) Miftahul Ulum telah rampung menyiapkan sambutan sejak tadi malam bagi jamaah haji KBIHU yang akan tiba nanti siang pukul 14.30 WIB.

Kepengurusan KBIHU Miftahul Ulum bekerja sama dengan keamanan Pesantren dan bansus guna mengamankan tempat proses penjemputan jamaah haji.

Pihak Keluarga jamah haji Miftahul Ulum telah memadati halaman MTs Miftahul Ulum sebagai area penjemputan jamaah haji KBIHU Miftahul Ulum sebelum adzan dzuhur. Guna kelancaran proses penjemputan, untuk sementara waktu pengiriman santri ditutup dan santri dilarang bermain di area penjemputan.  

Para jama’ah disambut dengan lantunan sholawat Tala’al Badru oleh tim Al-Mawaddah. Suasana haru dan suka cita menyelimuti penyambutan kepulangan jamaah haji KBIHU.

Salah satu jamaah haji asal Jember, ibu Sholihah, merasa pelaksanaan ibadah haji berjalan lancar. Menurutnya, pelayanan KBIHU Miftahul Ulum memberikan pelayanan yang baik, termasuk pelayanan ubudiyah, kesehatan internet bahkan katering.

Setiap bus, terdapat Ketua Kelompok dan Ketua rombongannya masing – masing yang berada dibawah bimbingan Ketua KBIHU Miftahul Ulum, H. Fauzi. Hal ini bertujuan agar jama’ah tetap sistematis.

Untuk proses pemulangan jamaah haji harus melalui tahapan-tahapan yang sudah dikordinasi oleh petugas haji indonesia. Para jamaah haji landing terlebih dahulu di Bandara Juanda Surabaya dan akan diarahkan menuju ke asrama haji untuk cek kesehatan sebelum akhirnya menuju tempat pemulangan.

Jamaah haji yang berasal dari wilayah Lumajang pemulangannya akan di kordinir langsung oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang pada malam sabtu (06/07/24) dini hari di Pendopo Lumajang.

Dari keseluruhan total  jamaah haji KBIHU Miftahul Ulum terdapat 266 jamaah yang melaksakan ibadah haji, yang terdiri 48 jamaah wilayah Jember dengan kloter 37 dan 218 wilayah Lumajang dengan kloter 48.

Pengurus KBIHU Miftahul Ulum yang juga melaksanakan ibadah haji pada tahun ini guna mendampingi para jamaah haji ialah Ust.Kholili Jumali, KH.Nurul Huda, Usman Afandi yang merupakan anggota DPR Lumajang dan Sarkowi yang merupakan dosen di Universitas Islam Negeri (UIN) Malang.

“Selama pelaksaan haji berlangsung, alhamdulillah tidak ada kendala apapun baik dari segi pelayanan dan keadaan semua jamaah” Tutur H.Fauzi selaku Ketua KBIHU Miftahul Ulum.

”Dan juga jamaah jamaah haji yang merasa puas terhadap pelayanan dari KBIHU Miftahul Ulum dan sesuai apa yang kita harapkan sejak dari awal yaitu pelaksaan lancar dan semua jamaah sehat sampai kembali ke tanah air indonesia” Pungkasnya.

Pewarta: Qushairi

Editor: Reza

Leave a Reply