Headlines

Ratusan Santri Miftahul Ulum Bakid Dibaiat Langsung Oleh Pembina PC Pagar Nusa Lumajang Gus Qomar

mubakid.or.id – Pembina Pimpinan Cabang (PC) Pencak Silat Nahdlatul Ulama’ (PSNU) Pagar Nusa kabupaten Lumajang Gus Qomaruzzaman yang didampingi oleh Wakil Ketua PC I Aleka Abrori Hasan membaiat 200 lebih santri Pondok Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul Lumajang, Malam Selasa (24/06/24).

Pembaiatan santri baru Perguruan Pencak Silat Pagar Nusa tersebut berlangsung di halaman sekolah putri MA Miftahul Ulum setelah mengikuti beberapa prosesi pra pembaiatan di siang harinya, mulai dari pelantikan pimpinan rayon, penyampaian materi keaswajaan, kebangsaan dan pagar nusa hingga nglalap barokah di maqbaroh masyayikh Pondok Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul.

Sebelum dibaiat, para santri  harus melewati 4 pos yang dijaga oleh anggota PC Pagar Nusa Lumang dan Anggota Gerakan Aksi Silat Muslimin Indonesia (GASMI) Genggong.

Wakil Ketua PC I Aleka Abrori Hasan mengatakan, pos pertama para santri akan diuji berupa pertanyaan tentang materi keasawajaan dan NU yang telah disampaikan tadi siang, pos dua pertanyaan tentang kebangsaan dan NKRI, pos tiga mengenai pagar nusa dan pos terakhir para peserta akan diuji mental dan fisik, ”Adanya kegiatan ini bertujuan untuk menguji kemampuan santri baru dalam memahami materi yang telah disampaikan tadi siang. Dan di pos terakhir mereka akan diuji mental dan fisik seperti push up dan sit up.” Ujar beliau saat ditemui di tempat rehat Kantor Yayasan Miftahul Ulum.

Dalam kesempatan itu, Gus Qomar menyampaikan motivasi dan pesan khusus bagi santri baru. Dalam pesannya dihadapan ratusan santri baru, Gus Qomar menegaskan bahwa setiap anggota Pagar Nusa harus menjaga marwah NU, PN dan seluruh pencak silat di Indonesia dengan berahklakul karimah, tidak takabbur, mental dan spritual yang kuat. ”Gunakan bela diri untuk saling membantu orang lain, bukan untuk menyombongkan diri dan membuat keresahan di masyarakat. Seorang pesilat harus menegakkan amar ma’ruf nahi munkar, membawa kesejahteraan bagi masyarakat.” Pungkas Gus Qomar.

Pewarta: Bintang Fathullah

Editor: Reza Pahlevi

Leave a Reply