Headlines

KBIHU Miftahul Ulum Gandeng Kemenag Lumajang Dan Jember, Gelar Bimbingan Manasik Haji Ta’aruf

KBIHU Miftahul Ulum Gandeng Kemenag Lumajang Dan Jember, Gelar Bimbingan Manasik Haji Ta’aruf

mubakid.or.id – Dalam rangka memberikan bekal pengetahuan dalam pelaksanaan ibadah haji ke tanah suci Makkah dan Madinah, Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) Miftahul Ulum menggelar bimbingan manasik haji ta’aruf bagi jama’ah calon haji pada Minggu (11/02/24) siang.

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Aula PPMU Bakid ini tidak hanya diikuti oleh jama’ah calon haji Lumajang, namun juga diikuti oleh jama’ah calon haji dari Jember.

Oleh karena itu, turut hadir pada kegiatan tersebut Kepala Kementrian Agama Jember, Dr. H. Ahmad Seruji Bahtiar.

Tidak hanya itu, manasik haji ta’aruf juga dihadiri oleh Pengasuh Ponpes Miftahul Ulum, Kh. H. Husni Zuhri, H. Sholeh Ardiansyah (K. Yayasan Miftahul Ulum), Ra Ahmad Ghufron Siradj, H. fauzi (K. KBIHU Miftahul Ulum), Dr. H. Muhammad Muslim S. Ag, M. Si (K. Kemenag Lumajang), Dr. H. Ahmad Seruji Bahtiar M. Pd. I (K. Kemenag Jember), H. Abd. Rofiq S. Ag, M. Pd (Kasi PHO Kemenag Lumajang).

Dalam sambutannya, Kh. Husni berpesan pada seluruh calon jama’ah untuk meluruskan niat. “Mantapkan niat, bulatkan tekad, semata-mata karena ridho Allah SWT” Pesan beliau.

Dalam kegiatan ini, Abd. Rofiq menjelaskan pada calon jama’ah haji tentang ketentuan pemberangkatan, mulai dari biaya yang harus dilunasi, kuota penumpang, dan ketentuan calon jama’ah haji yang akan diberangkatkan.

Sedangkan Sholeh Ardiansyah, menerangkan tentang rukun-rukun ibadah haji yang harus dilaksanakan oleh calon jama’ah saat di tanah suci Makkah, seperti miqot, pembagian lempar jumroh, hingga towaf wada’.

Selain itu, para jama’ah diberi selembar kertas berisikan bacaan do’a yang perlu diketahui selama bimbingan manasik diadakan.

Pewarta: Ebied

Editor: Kholili

Leave a Reply