PESANTREN AL-QUR’AN MIFTAHUL ULUM

BANYUPUTIH KIDUL JATIROTO LUMAJANG

 

SEJARAH

Pesantren Al-Qur’an Miftahul Ulum  yang disingkat menjadi PQMU merupakan salah satu unit lembaga pendidikan Yayasan Miftahul Ulum di bawah koordinasi Pondok Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang. Pesantren Al-Qur’an Miftahul Ulum  adalah lembaga pemdidikan yang fokus membina dan mendidik santri dalam belajar membaca Al-Qur’an dengan benar (bil Mujawwad) dan menghafalkannya (Tahfidz Al-Qur’an).

PQMU merupakan pengembangan dari Madrasah Al-Qur’an Miftahul Ulum  yang didirikan pada tahun 1993 oleh pengasuh PPMU KH. M. Husni Zuhri di bawah arahan bimbingan guru besar Al-Qur’an Indonesia yaitu KH. M. Basori Alwi, Pendiri dan Pengasuh Pesantren Ilmu Al-Qur’an (PIQ) Malang.

Pendirian Pesantren Al-Qur’an ini merupakan jawaban atas tuntutan dan harapan dari para wali santri, alumni dan masyarakat kepada pengasuh dan pengurus Yayasan Miftahul Ulum agar membuka program Tahfidz Al-Qur’an bagi para santri yang semakin hari banyak yang berminat untuk menghafalkan Al-Qur’an.

VISI

  • Terwujudnya generasi muslim yang Qur’ani yang mampu membaca dan menghafal Al-Quran dengan mujawwad serta menguasai ulum Al-Qur’an.

 MISI

  1. Melaksanakan pembelajaran Al-Qur’an dengan baik dan benar.
  2. Mendidik dan membina kader-kader yang mampu membaca Al-Qur’an dengan mujawwad
  3. Melakukan kajian dan pengembangan metode membaca Al-Qur’an.
  4. Memiliki mekanisme pengelolaan dan pembinaan tahfidz yang baku.
  5. Melakukan pembinaan muta’allim dalam pemahaman dan pengembangan ulum Al-Qur’an.
  6. Menjadikan PQMU sebagai lembaga sertifikasi baca Al- Qur’an di PPMU.
  7. Mempunyai mekanisme kaderisasi instruktur bagi mu’allim dan muta’allim.