Lumajang, PPMU BAKID | www.mubakid.or.id

Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Jember menggelar Rapat Kerja Daerah di Pendopo Wahyawibawa Graha Jember pada Kamis (2/5/2019). Tema utama yang diangkat dalam Rakerda kali ini adalah “Optimalisasi Pengumpulan Zakat, Infaq, dan Sedekah Menuju Jember Mandiri”.

Turut hadir dalam Rakerda Baznas Jember ini Pengurus Baznas Provinsi Jawa Timur yang diwakili KH Nadjib Hamid, Bupati Jember, Kepala Dinas di Linkungan Pemkab Jember, Camat, Pengurus UPZ, dan Relawan Baznas Jember dari STIS Miftahul Ulum Lumajang.

Dalam sambutannya Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR meminta pengelolaan zakat di Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Jember dikelola secara transparan. Sebab transparansi itu diperlukan sebagai bagian edukasi kepada masyarakat terhadap Lembaga Amil Zakat. Selain itu sebagai bentuk dukungan penuh Pemkab terhadap Optimalisasi Pengumpulan, dirinya berjanji akan membuat program potong penghasilan pegawai Pemkab untuk zakat, sedekah, dan infaq secara otomatis.

Acara Raker kemudian ditutup dengan menghasilkan sembilan rekomendasi. Diantaranya kemajuan Zakat, Infaq, dan Sedekah di Kabupaten Jember ini membutuhkan Regulasi Pemerintah serta sinergitas Baznas Kabupaten Jember dengan beberapa lembaga, baik Pemerintah, BUMN maupun Swasta.

Selain itu pada Bulan Suci Ramadhan tahun 2019 ini Baznas Kabupaten Jember akan mengadakan beberapa kegiatan. Selain Buka Bersama bersama anak Yatim dan Pentasyarufan Zakat kepada para Mustahiq, juga akan memberikan layanan jemput zakat untuk memudahkan para Muzakki dalam membayar zakat. Salah satunya dengan membuka Booth Zakat Baznas sejak awal Ramadhan di Lippo Plaza yang melibatkan Relawan STISMU Lumajang.

Kemudian kegiatan lain yang akan diselenggarakan untuk menyemarakkan bulan Ramadhan tahun ini adalah lomba bernuansa Islami kerjasama Baznas Jember dengan Manajemen Lippo Plaza, antara lain Lomba Da’i Cilik, Lomba Patrol, Lomba Nasyid, Tari Kreasi Islami, Cerdas Cermat Islami, Live Accoustic Ramadhan, Make Up class By Wardah, Cooking class, Hijab class dan Dessert Competition. Demikian disampaikan Kabag SDM, Umum dan Administrasi Baznas Jember, Drs. Khairuddin, MM dalam Pers rilisnya. (hafiz)

Leave a Reply