Lumajang, PPMU BAKID |mubakid.or.id

Forum Zakat (FOZ) Jatim bersama 24 lembaga Filantropy Islam yang selama ini concern di bidang Zakat Infaq Sodaqoh (ZIS) di antaranya BMS  Indonesia Lumajang, Dompet Dhuafa (DD), Lembaga Manajemen Infaq (LMI), Yatim Mandiri (YM), Nurul Hayat (NH), Yayasan Dana Sosial Al Falah (YDSF), Al Haromain, Inisitif Zakat Indonesia (IZI), Kotak Amal Indonesia, Alzhar Peduli Umat, YBM BRI dan Baitul Maal Hidayatullah (BMH) mengadakan kegiatan safari zakat menyambut menyambut datangnya bulan Ramadhan 1440 H (30/4/2019). Kegiatan ini diisi dengan dengan berbagai kegiatan sosial dan pemberdayaan. Di antaranya tabligh akbar, Istighatsah, Amil Camp, bersih-bersih Masjid, dan pembagian 1.000 paket sembako untuk masyarakat yang membutuhkan. Demikian info yang disampaikan Ketua Forum Zakat (FOZ) Jatim, M. Jusuf  

Kegiatan yang dipusatkan di Kecamatan Gucialit dan Senduro Lumajang ini berlangsung selama dua hari hingga Rabu 1 Mei 2019 dengan melibatkan tak kurang dari 100 Amil dan 40 mobil  yang membawa relawan dan tim medis serta mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Miftahul Ulum (STISMU) Lumajang yang tergabung dalam Kelompok PPL di BAZNAS Lumajang dan BMS Indonesia Lumajang.

Sebelumnya, rombongan mobil yang terlibat dalam kegiatan ini Diberangkatkan dari pelataran Masjid Agung Al-Akbar Surabaya, kemudian bertolak menuju Kantor Bupati Lumajang, untuk dilakukan seremonia penyambutan rombongan. Setibanya di Pendopo Arya Wiraraja Bupati Lumajang mengutarakan kebahagiannya dengan kegiatan Safari Zakat ini dan mendukung penuh optimalisasi potensi zakat di Lumajang. Optimaliasi ini dengan cara mengumpulkan zakat dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui Surat Keputusan (SK) Bupati Lumajang.

“Semoga ini menjadi semangat untuk kami memaksimalkan dan optimalisasi potensi zakat yang ada di Kabupaten Lumajang. Saya harus membuat Surat Keputusan terkait instruksi Zakat bagi seluruh ASN yang beragama Islam di Kabupaten Lumajang,” ungkapnya.

Turut ambil bagian dalam kegiatan Safari Forum Zakat Jatim ini BAZNAS Kabupaten Lumajang dan Lembaga Filantropy Islam yang berkantor di Lumajang, antara lain Lazismu Lumajang, Nurul Falah, Rumah Perubahan Lumajang, Rumah Zakat dan Sahabat Mustahik Sejahtera. Juga lembaga yang berbasis di Kota-kota Jawa Timur DSUQ Jombang, LPI Mojokerto, dan DAU Sidoarjo. (hafiz)

Leave a Reply