www.mubakid.or.id | 23 April 2019

Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK tingkat SMP/MTs sudah digelar secara serentak mulai Senin (22/04) kemarin hingga Kamis (25/04). Sebanyak 4 mata pelajaran diujikan dalam UNBK tahun ini (Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA).

Di hari kedua, Selasa (2/4) pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun Pelajaran 2018/2019, MTs. Miftahul Ulum Banyuputih Kidul kedatangan tamu Petugas Monitoring dan Evaluasi dari Kanwil Kementerian Agama Jawa Timur. Didampingi Staf Kasi Pendma Kemenag Lumajang Hj. Ayatun Nufusi dan Dina Kamilah.

Sekitar jam 11.30 WIB, rombongan tiba di lokasi Pondok Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul. Kedatangan rombongan disambut dengan suasana keakraban oleh keluarga besar MTs. Miftahul Ulum, terdiri dari Kepala Madrasah (Ahmad Fauzi, S.Pd.I., M.Pd), Waka Bidang Kurikulum (Musleh, S.Pd.I., M.Pd) Bendahara (Sahlan Jailani, S.Pd), Teknisi Utama, Muzeki, S.H yang juga merangkap sebagai Kabag TU dan Basri, S.Pd salah satu Proktor yang bertugas di putri.

Dalam pelaksanaan monitoring, Petugas Kanwil Kementerian Jawa Timur menanyakan tentang persiapan pelaksanaan UNBK, jumlah peserta, jumlah ruangan, jumlah sesi dan pelaksanaan kepengawasan. Tim Monitoring juga melihat langsung jalannya UNBK MTs. Miftahul Ulum dari dekat walau hanya dari dari luar Ruang Ujian baik di lokasi putra dan putri.

Ahmad Fauzi selaku kepala Madrasah sekaligus penanggung jawab Pelaksanaan UNBK menjelaskan kepada Tim Monitoring Kakanwil bahwa : ” sampai sesi ke 2 ini Pelaksanaan UNBK Utama hari ini berjalan dengan tertib dan lancar, baik jaringan/server dan Client yang kami tempati di 7 ruangan; 4 ruang untuk putra, 3 ruang di putri.” Terangnya.

“Dari awal, madrasahnya telah mempersiapkan segala sesuatu terkait dengan UNBK ini. Beliau menambahkan, berbagai proses, yakni menyiapkan administrasi UNBK, pemeriksaan komputer server, komputer klien, jaringan internet, UPS, dan genset dipersiapakan untuk antisipasi listrik mati secara tiba-tiba, telah dilakukan jauh hari sebelum UNBK dilaksanakan. Imbuhnya

Usai melihat langsung pelaksanaan UNBK di Putri, Tim Monitoring dan Evaluasi juga sempat mengajak pihak madrasah untuk melihat sarana-prasarana pondok pesantren dan madrasah. Khususnya gedung madrasah terpadu yang terdiri dari 3 lantai dan memiliki 36 ruang. Staf Pendma Kementerian Agama Lumajang Hj. Ayatun Nufusi atau yang akrab dipanggil Bu Yaya mengatakan ’’ Ustadz perkembangan dan kemajuan Pondok Bakid ini (Sebutan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul) semakin pesat ya. Setahun tahun yang lalu, padahal gedung madrasah terpadu ini belum selesai. Sekarang sudah membangun Perpustakaan dan Laboratorium Komputer”. Saya yakin ke depan Miftahul Ulum ini semakin berkembang dan semakin maju. Tambahnya

Berdasarkan hasil monitoring, pelaksanaan UNBK hari pertama dan kedua, di MTs. Miftahul Ulum berjalan lancar, aman dan tertib. Dan semoga tidak ada kendala hingga UNBK hari terakhir.

Leave a Reply