Lumajang, PPMU BAKID |mubakid.or.id

Sabtu, (16/03) Madrasah Diniyah Miftahul Ulum melaksanakan Ujian Akhir EBTAMA (Evaluasi Belajar Tahap Akhir Madrasah) untuk kelas VI Ibidaiyah dan kelas III Tsanawiyah. Sebanyak 470 peserta dari kelas VI Ibtidaiyah dan 102 dari kelas III Tsanawiyah (santri putra-putri).

“Ujian EBTAMA yang dilaksanakan di gedung terpadu STISMU PPMU ini memakai 13 ruang dan akan berlangsung selama seminggu sampai dengan hari kamis” (21/03), tutur Abdur Rohim. Staf Panitia Pelaksana EBTAMA tahun ini.

EBTAMA sendiri merupakan ujian inti kelas VI Ibtidaiyah untuk naik ke jenjang Tsnawiyah dan kelas III Tsanawiyah untuk akhirnya ditugaskan ke masyarakat selama setahun kedepan. “Adanya ujian ini diharapkan semua peserta bisa mengimpletasikan hasil belajar mereka di kehidupan sehari-hari tentunya dengan mendapat nilai yang memuaskan nantinya”, ujar Zainuddin, M.Pd.I selaku Kepala Pengurus Pondok Pesantren Miftahul Ulum.

Senada dengan pesan Kepala Pengurus PPMU, Moehammad Thoyyib, M.Pd, sebagai Kepala Madrasah Ibtidaiyah Diniyah turut menyampaikan dukungan dan semangat agar semua peserta bisa mengerjakannya dengan maksimal. “Harus kerja keras.  Doa dan usaha harus sama-sama dilakukan agar menjadi lulusan terbaik”, pesannya.

“Palaksanaan EBTAMA tahun ini sedikit menguras tenaga panitia pelaksana maupun tim soal. Kekurangan-kekurangan yang biasa terjadi pada soal EBTAMA seperti terdapat jawaban yang sama, bahasa soal yang terlalu rumit insyallah tidak ada. Kami juga ekstra hati-hati di situ”, ungkap Syamsul Huda, S.H. Ketua Pelaksana EBTAMA.

Leave a Reply