Lumajang, PPMU BAKID |mubakid.or.id

Hari ini (23/02/2019) Madrasah Diniyah Miftahul Ulum resmi menggelar Imtihan Daury atau ujian kwartal yang ke-3. Ujian yang akan dilaksanakan selama 6 hari ini diikuti oleh seluruh santri putra-putri baik Tingkat Ula (Ibtidaiyah) dan Wustha (Tsanawiyah). Pelaksanaan ujian kwartal serentak sekarang ini, menurut kepala Madin , bisa dilakukan karena Gedung Madrasah Terpadu Miftahul Ulum yang dibangun mulai 2016 yang silan, kini sudah siap ditempati, sarana kelas baik bangku dan papan tulis pun juga sudah terpenuhi.

Pada tingkat Ula diikuti oleh murid kelas sifir hingga kelas 5. Sedangkan tingkat Wustha diikuti oleh kelas 1 dan 2. Sementara itu, kelas VI Ula dan III Wustha dalam minggu-minggu akan menempuh ujian Evaluasi Belajar Tahap Akhir Madrasah yang lumrah disebut EBTAMA yang akan dilaksanakan pada 16 Maret 2019. ’’Khusus kelas 6 Ula dan Kelas 3 Wustha hari ini masuk seperi biasa karena tidak ada ujian kwarkal. Mereka akan mengikuti Ujian Akhir Madrasah yang lazim disebut EBTAMA’’ tutur Muhammad Muhyi, S.Pd selaku kepala Madrasah Diniyah tingkat Wustha.

Menurut Ketua Panitia Ujian Kwartal 3 Syamsul Huda, SH. bahwa jumlah peserta ujian kali ini tercatat sebanyak 4.462 santri, 1.889 santri putri dan 2.573 santri putra.

Berbeda dengan kwartal sebelumnya, ujian kwartal kali ini dilaksanakan secara serentak mulai Jam 07.00-10.00 WIB. “Biasanya kwartal  dilaksanakan dengan dua shift : pagi dan malam, shift pagi (07.00-10.00 WIB) dikuti oleh santri kelas IV Ula sampai III Wustha. shift  malam (19.00-21.00 WIB) diikuti oleh siswa kelas I, II dan III Ula’’ Ujar Moh. Kamil, SH Wakil Kepala Madin Ula.

Terlepas dari itu, Musta’in, SH, salah satu staf pengajar Madrasah Diniyah Miftahul Ulum mengungkapkan ’’Ujian kwartal ini dilaksanakan guna untuk mengetahui kemampuan santri dan keberhasilan kegiatan belajar mengajar selama satu semester ini, dengan diadakannya kwartal ini kita bisa mengetahui kemampuan santri dan memperbaiki aspek-aspek mana yang perlu dibenahi. (RA)

Leave a Reply