Madrasah Diniyah Miftahul Ulum mulai hari ini (26/10/2016) melaksanakan ujian tajribi sebagai persiapan menjelang ujian Evaluasi Belajar Tahap Akhir Madrasah (EBTAMA) bagi kelas VI Madrasah Ibtidaiyah dan kelas III Madrasah Tsanawiyah. Ujian yang akan berlangsung selama seminggu (26-31 Januari 2019) dilaksanakan di Gedung Madrasah Pondok Pesantren Miftahul Ulum Putra dan Putri. Kurang lebih 600 santri dari Tingkat Ibtidaiyah dan Tsanawiyah Putra-Putri, mengikuti ujian tajribi ini dengan serius dan penuh antusias.

Meskipun hanya bernama uji coba, Kepala Madin Ibtidaiyah, Moehamad Thayyib, M.Pd.I berharap adalah agar para santri kelas akhir baik di jenjang Ibtidaiyah maupun Tsanawiyah bisa mengerahkan seluruh kemampuannya demi mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian akhir yang sebenarnya, yaitu EBTAMA, yang akan digelar bulan Rajab mendatang.

Menurut Kepala Madrasah diniyah Tsanawiyah, Muhammad Muhyi, S.Pd bahwa tujuan tajribi ini adalah agar para santri dapat mengevaluasi diri seberapa jauh hasil belajar dan kesiapan diri dalam menghadapi EBTAMA nanti. Pengajar Ilmu Hisab ini juga menambahkan  ’’Yang namanya Tajribi itu adalah uji coba. Tentu wajar jika gagal, nilainya buruk atau tidak sesuai estimasi. Sehingga tidak perlu ada kemarahan atau kekecewaan. Justru, dari Tajribi ini bisa dijadikan tolok ukur untuk memperbaiki kekurangan yang ada dan meningkatkan kualitas dan kuantitas belajar’’

Senada dengan Kepala Madin, Ketua pelaksana ujian Tajribi, Syamsul Huda, SH. mengatakan “Kami ingin para santri serius dan maksimal. Bisa diartikan ini adalah uji kelayakan untuk mengikuti ujian yang sebenarnya”. (IS)

Leave a Reply