mubakid.or.id | 23 Januari 2019

Lumajang, PPMU BAKID

Setelah sebelumnya STISMU sukses mengadakan MoU dengan IAIN Jember, hari ini Rabu (23/01/19), giliran Pos Kesehatan Pesantren (POSKESTREN) Miftahul Ulum Banyuputih Kidul mengadakan Penandatangan Momerandum of Understanding (MoU) dengan 3 lembaga sekaligus. Salah satu unit kerja Yayasan Miftahul Ulum Bidang Sosial Ekonomi dan Kemanusiaan ini menggandeng Klinik Kesehatan NU Lumajang, Dinas Lingkungan Hidup Lumajang dan Puskesmas Jatiroto.

MoU bertujuan untuk memberikan kemudahan dan meningkatkan pelayanan kesehatan bagi santri, juga dalam rangka menciptakan pesantren yang bersih dan sehat. Terutama dengan permasalahn pengelolaan sampah di Pesantren.

Penandatanganan MoU dihadiri oleh pihak-pihak terkait; Kepala DINKES Kab. Lumajang dr. Bayu Wibowo Ign., Perwakilan DLH, Kepala Puskesmas Jatiroto, Ketua Klinik NU Lumajang, Anggota Majelis Pengasuh PPMU, Pengurus Harian Yayasan, Pengurus Pesantren dan Poskestren, dan salah satu anggota DPRD Lumajang, Usman Afandi. Penandatanganan MoU berjalan dengan khidmat dan lancar di gedung Aula Putra PPMU.  

Dalam sambutannya, Ketua Yayasan Miftahul Ulum H. Maksum, S.Ag menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah bersedia menjalin kerjasama dengan Yayasan, khususnya Poskestren Miftahul Ulum. ’’Kami berharap MoU ini bisa bekesinambungan dan berkelanjutan, juga memberikan banyak manfaat kepada seluruh santri khususnya dalam rangka meningkatkan layanan kesehatan; tapi bukan berarti kami mengharap banyak santri yang sakit.’’ Ujarnya. Mantan Kepala MTs Miftahul Ulum ini menambahkan bahwa salah satu program kerja dan mimpi besar Yayasan Miftahul Ulum untuk jangka panjang adalah Poskestren ini suatu saat bisa dikembangkan menjadi Klinik Kesehata, sehingga manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh para santri tetapi juga masyarakat luas.

Anggota DPRD Lumajang Usman Afandi menyatakan sangat mendukung keinginan besar Yayasan Miftahul Ulum untuk mendirikan klinik Miftahul Ulum. ’’Sebagai mantan Ketua Poskestren Miftahul Ulum Periode 2006-2013, saya sangat mendukung program besar Yayasan ini (memiliki Klinik Kesehatan: red), mengingat jumlah santri di PPMU setiap tahun terus bertambah’’ imbuhnya.

Sementara itu, Kepala DINKES Lumajang dr. Bayu Wibowo Ign menyatakan sangat mendukung dan menyambut baik kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan oleh Poskestren Miftahul Ulum selama ini. ‘’’Poskestren Miftahul Ulum ini sudah banyak meraih prestasi di tingkat Kabupaten bahkan di tingkat Provinsi Jawa Timur. Hal senada disampaikan oleh dr. Rosyida ’’Teruslah berikhtiar, torehkan prestasi sehingga Poskestren Miftahul Ulum semakin berkibar’’ Pesannya. (FR)

1 thought on “WUJUDKAN SANTRI SEHAT DAN PESANTREN BERSIH, POSKESTREN MIFTAHUL ULUM JALIN KERJASAMA DENGAN 3 INSTANSI

  • Wah mantap, semoga dengan penandatanganan MoU dengan beberapa pihak terkait bisa memberikan manfaat yang luar biasa terhadap kemajuan pesantren. Jika boleh memberi saran, sekarang kan sudah ada MoU dengan DLH lumajang. Mungkin dengan kesempatan ini, bisa dimanfaatkan untuk berdiskusi antara pihak pesantren dengan pihak DLH untuk membicarakan tentang banjir yang kerap kali terjadi d pesantren. Karena di beberapa kesempatan ketika saya mengunjungi beberapa sekolah yang ada di daerah lumajang, di lingkungan sekolahnya banyak sekali sumur resapan yang dibangun oleh DLH kabupaten lumajang. Mungkin hal ini bisa dimanfaatkan untuk berdiskusi dengan pihak DLH dan sumur resapan ini bisa dibangun di lingkungan pesantren agar banjir yang terjadi setiap kali hujan tidak terjadi lagi. Kita tahu bahwa banjir merupakan salah satu penyebab lingkungan itu menjadi tidak bersih dan yang pasti akan mudah sekali terserah penyakit terhadap orang2 disekitarnya

    Reply

Leave a Reply