mubakid.or.id – Lumajang. Senin (21/01/19), Menghadapi pelaksanaan UAMBN-BK dan UNBK tahun 2018/2019, MTs dan MA Miftahul lum Banyuputih Kidul menggelar simulasi try out Berbasis Komputer secara serentak untuk siswa-siswi kelas IX MTs dan XII MA.

Kegiatan simulasi ini diikuti oleh 1.112 peserta terdiri dari 543 siswa-siswi kelas XII MA dan 569 siswa-siswi kelas IX MTs. Mereka mengikuti instruksi dengan seksama apa saja yang disampaikan oleh teknisi dan proktor dalam mengoperasikan komputer.

Simulasi ini dilaksanakan selama 3 hari mulai Senin-Rabu (21-23 Januari 2019) dimulai pukul 07.00-14.30 WIB, dibagi menjadi 3 sesi. Sebanyak tiga mata pelajaran utama diujikan dalam kegiatan simulasi ini; Al-Qur’an Hadits, Fikih dan SKI.

Kepala MTs. Miftahul Ulum Banyuputih Kidul, Ahmad Fauzi mengungkapkan, program simulasi ini bertujuan memberikan bekal dengan pelatihan sejak dini agar peserta didik lebih mengenal dan memahami cara kerja ujian berbasis komputer, baik UAMBN-BK maupun UNBK.

Sementara itu Kepala MA Miftahul Ulum, Turmudzi menambahkan bahwa pelaksanaan simulasi UAM-BN ini juga dapat dijadikan parameter seberapa siap, madrasah menyongsong ujian berbasis komputer, baik kesiapan perangkat keras maupun perangkat lunak, seperti komputer, server, jaringan internet, daya listrik, proktor, teknisi dan lain-lain.

Husen, salah satu teknisi simulasi mengatakan, pada prinsipnya bahwa pelaksanaan simulasi kali ini sudah berjalan lancar karena mayoritas siswa-siswi sudah memiliki HP android di rumah, sehingga siswa-siswi memiliki kemampuan dasar dalam pengoperasian komputer yang hampir sama dengan Hp Android.

Leave a Reply