Tiga Santri Pondok Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang dinyatakan lulus seleksi mahasiswa Timur Tengah Tahun 2021. Kelulusan tersebut berdasarkan pengumuman SK Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Nomor : B-1400/Dt.I.III/PP/04/05/2021 tanggal 11 Mei 2021 tentang hasil seleksi calon mahasiswa baru beasiswa dan non beasiswa S1 perguruan tinggi luar negeri Mesir dan Maroko tahun 2021 (11/05/2021)

Ketiga santri tersebut yang terdiri dari Muhammad Syarif Toyyib (Lumajang), Khoimatu Iqbal Kholidi (Lumajang) dan Ainun Mutawakkil (Jember) harus bersaing ketat dengan ribuan santri dari berbagai pesantren se Indonesia yang jumlahnya mencapai hampir 6000 peserta dalam seleksi yang dilaksanakan 2 tahap sebelumnya yakni tes CBT pada 28-29 April 2021 dan Wawancara pada 4-5 Mei 2021 yang lalu.

Kelulusan 3 santri tersebut, telah menambah catatan jumlah santri PPMU BAKID yang melanjutkan studinya di negeri piramid khususnya di Universitas Al-Azhar Cairo, Mesir.

Ketua Yayasan Miftahul Ulum, H. Maksum, S.Ag, mengungkapkan rasa syukur dan apresiasinya atas capaian prestasi membanggakan tersebut. Pihaknya juga berharap prestasi ini dapat diikuti oleh santri-santri yang lain. Tidak hanya di Timur Tengah tetapi juga berbagai Universitas Ternama di mancanegara baik di Amerika, Eropa dan Australia

“Alhamdulillah kabar ini merupakan kebahagiaan dan kebanggaan bagi keluarga besar Miftahul Ulum. Semoga bisa diikuti oleh santri-santri yang lain.” ucapnya

“Semoga santri PPMU BAKID tidak hanya bisa lulus studi di Timur Tengah tetapi juga mampu menembus kampus-kampus ternama dunia yang tersebar di beberapa mancanegara”. Imbuhnya

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Pesantren, Dr. Zainuddin, M.Pd.I. Doktor jebolan Unisma Malang tersebut menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh dewan guru dan asatidz yang telah membimbing dan membina para santri dengan penuh semangat keikhlasan. Baginya capaian ini bukanlah hal yang mudah tetapi melalui tahapan dan proses panjang.

“Kami sangat bahagia dan bersyukur atas capaian ini. Atas nama pesantren, kami berterima kasih kepada seluruh dewan guru dan asatidz yang telah gigih dan ikhlas membimbing dan membina para santri”. Ujarnya

Sementara itu, Direktur Madrasah Diniyah H. Aly Husnan, S.Pd berharap semoga prestasi ini akan menjadi motivasi bagi para santri PPMU BAKID yang lain agar bersungguh-sungguh dalam belajar. Guru senior ini juga berdo’a semoga para santri yang akan melanjutkan studinya ke Al-Azhar tersebut diberikan kemudahan, kesuksesan dan keberkahan dalam ilmunya. Mantan kepala MA. Miftahul Ulum ini juga berharap setelah lulus nanti bisa kembali lagi ke pesantren dan berbagi ilmunya dengan santri-santri yang lain.

“Semoga adik-adik ini sukses dan bisa mengembangkan ilmunya di pesantren setelah lulus kelak dan kembali ke Indonesia.” harapnya.

Leave a Reply