Tahun 2021, adalah tahun dimulainya Pembukaan Perpustakaan Terpadu Pondok Pesantren Miftahul Ulum Putri Banyuputih Kidul. Karenanya pada hari ini Senin (18/01/21) Yayasan Miftahul Ulum mengadakan Bimtek Pengelolaan Perpustakaan bagi calon pengelola perpustakaan. Kegiatan Pembukaan Bimtek digelar di gedung aula PP. Miftahul Ulum Putri lantai 2. Hadir dalam pembukaan Bimtek Ketua Yayasan Miftahul Ulum, H. Maksum, S.Ag, Kepala MA. Miftahul Ulum, Turmudzi, S.Pd.I., M.A dan Kepala MTs. Miftahul Ulum 2, Sahroni, S.Pd.I., M.Pd serta Kepala Bidang dan Kasie. Perpustakaan, Ibu Supiyati dan Ibu Neneng serta 3 orang pustakawan, Malikha Rustyati, Tutik dan Yanuar Wildan Hanif.

Kegiatan Bimtek Perdana ini diikuti oleh 18 orang peserta calon pengelola perpustakaan terpadu Miftahul Ulum Putri dengan tetap mematuhi protokol kesehatan

Kegiatan bimtek dibuka langsung oleh ketua yayasan. Dalam sambutannya, ketua yayasan menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lumajang yang bersedia memberikan Bimtek yang kedua kalinya ini.

“Bimtek pengelolaan perpustakaan Putri ini merupakan Perdana. Sebetulnya sudah lama Yayasan Miftahul Ulum mengagendakan pengadaan perpustakaan di Putri. Hanya saja masih lebih memprioritaskan pembangunan gedung asrama.” ujarnya

“Pembangunan perpustakaan ini baru terealisasi tahun ini sehubungan dengan selesainya pembangunan gedung asrama santri Putri yang perpustakaannya di lantai 3.” imbuhnya

“Keberadaan perpustakaan Putri merupakan sebuah tuntutan dan kebutuhan yang sangat vital karena perpustakaan merupakan jantung pendidikan. Apalagi budaya literasi ini merupakan ajaran Islam sesuai dengan ayat yang pertama kali turun (QS. Al-Alaq : 1-5).” tutur Bendahara PCNU Lumajang tersebut.

Sambutan Kabid. Perpustakaan Ibu Supiyati. Mengucapkan terimakasih kepada pengurus Pondok Pesantren Miftahul Ulum karena telah menjalin kerjasama dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan.

Harapan ilmu yang diberikan akan bermanfaat dan dapat dipraktikkan. Jangan enggan untuk bertanya. Tim kami siap untuk memberikan bimbingan bahkan melakukan pendampingan hingga perpustakaan putri ini betul-betul jalan dan bisa berkembang.

Materi di hari pertama ini, materi disampaikan oleh dua orang pustakawan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Lumajang, Tutik dan Malikha Rustyati, A.Md. Materi. Meliputi Manajemen Perpustakaan, Pengembangan Koleksi, Pengelohan Bahan Pustaka, dan Strategi Promosi dan Inovasi.

Penyampaian materi dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama dimulai jam 09.30 – 12.15. Sesi. Kedua dimulai jam 13.00-15.00 wib.

Leave a Reply