Media online dewasa ini sepertinya sudah menjadi konsumsi wajib masyarakat Indonesia, itulah yang dirasakan oleh Lembaga Pendidikan di bawah naungan Yayasan Miftahul Ulum Banyuputih Kidul.

Menyadari fakta di atas, Yayasan Miftahul Ulum Banyuputih Kidul mulai menggerakkan seluruh unit lembaganya untuk memaksimalkan website lembaga masing-masing.

Rabu (30/09/20) bertempat di Perpustakaan Terpadu, Yayasan Miftahul Ulum bekerjasama dengan Dinas Kominfo Pemkab Lumajang mengadakan pelatihan pengelolaan website untuk semua admin pengelola website lembaga di bawah naungannya, baik bidang sosial yang meliputi LKSA, KBIHU, Poskestren – maupun bidang pendidikan mulai MI hingga Sekolah Tinggi dan madrasah diniyah; serta Tim Bakid Multimedia Pondok pesantren Miftahul Ulum.

Kegiatan pelatihan dihadiri dan dibuka langsung oleh Ketua Yayasan Miftahul Ulum H. Maksum, S.Ag.

Mangawali sambutannya Bendahara PCNU Lumajang ini menginstruksikan kepada semua lembaga di bawah naungan Yayasan Miftahul Ulum harus menghidupkan websitenya. Kegiatan-kegiatan lembaga-lembaga apapun harus diposting di website dan harus selalu update.

“Ke depan semua lembaga harus memiliki program digitalisasi kelembagaannya. Kegiatan apapun yang ada di lembaga harus diposting di website masing-masing.” ujarnya

Yopi Wahyu Purwanto, S.Kom staf bagian Analisis Sistem Informasi di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang, mengharapkan agar website yang ada di bawah naungan Yayasan Miftahul Ulum ini menjadi tempat berbagi informasi yang produktif dan inovatif dalam mengikuti perkembangan zaman.

Pelatihan pengelolaan website ini diikuti oleh tiap admin website setiap lembaga di bawah naungan Yayasan Miftahul Ulum seperti Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah, sekolah Tinggi, Madrasah Diniyah, KBIHU dan bahkan tim Bakid Multimedia juga turut diberikan kesempatan belajar siang itu.

“Bisa Mas, asal mau belajar. Gada yang sulit kok kalo belajar” Ujar pemateri memberi semangat pada salah satu peserta pelatihan yang minder untuk mengelola website yang dirasa sulit baginya.

“Di Lumajang, baru mubakid (Miftahul Ulum Banyuputih Kidul) ini yang ngadain pelatihan seperti ini dan ngundang Kominfo, dan setelah saya lihat websitenya update terus” Lanjutnya.

Materi pelatihan meliputi tata kelola manajemen SDM, konten yang relevan dengan tujuan website, serta komponen-komponen website. Di samping manajemen tata kelola website, pria yang ahli di bidang analisis jaringan ini menjelaskan tip-tip menjaga keamanan website dari hacker dan bagaimana cara meningkatkan performa website di pencarian google.

Pria jebolan UNEJ ini juga mengapresiasi langkah pesantren ini dalam mengikuti perkembangan media online termasuk melalui website ini.

Malik Abdul Aziz, salah satu dari Tim Bakid Multimedia merasa senang atas adanya pelatihan semacam ini. Menurutnya, pelatihan ini menambah wawasan baru dan tentunya semangat untuk terus berbagi informasi-informasi penting melalui media online, termasuk website ini. “Kita tidak hanya jadi penikmat informasi saja, tapi juga harus berbagi informasi tentunya”. pungkasnya.

2 thoughts on “Gerakkan Media Informasi Digital, Yayasan Miftahul Ulum Gelar Pelatihan Pengelolaan Website

Leave a Reply