Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren) di Lumajang mulai terlihat geliatnya. Hal ini dikarenakan dengan keinginan dan program pemerintah daerah Lumajang untuk mendorong kemandirian pesantren. Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren) akan tumbuh dan berkembang seiring dengan perkembangan dari pondok pesantren tempatnya bernaung. Selain memiliki peran ke dalam berupa pemenuhan kebutuhan para santri, keberadaan Kopontren juga penting bagi masyarakat sekitar pondok tersebut.

2 bulan yang lalu tepatnya Jum’at 20 Agustus 2020, Forum Koperasi Pondok Pesantren Se Kabupaten Lumajang resmi terbentuk. Kala itu, beberapa perwakilan pengurus koperasi pondok pesantren di Lumajang berkumpul untuk membahas kemandirian ekonomi pesantren di Pondok pesantren Kyai Said Nawawi Sumberejo Sukodono Lumajang

Saat itu disepakati membentuk sebuah Forum Komunikasi Kopontren Se Lumajang dengan dinahkodai Fathur Rahman Wakil dari Pondok Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul, Khoirul Ichfan ditunjuk sebagai sekretaris wakik dari Pesantren Syarifuddin Wonorejo Kedungjajang dan Bandahara dari Pondok Kyai Said Nawawi Sumberejo, Luluk Mukarromah.

Sabtu (26/09/20) Pengurus Forum Komunikasi Kopontren Se Lumajang kembali bertemu di Kopontren Zein Amanah Maslahah Selok Anyar Pasirian Lumajang. Sebanyak 25 orang perwakilan pengurus Kopontren Lumajang hadir dalam kegiatan tersebut. Pertemuan kali kedua ini menurut Ketua Forum, Fathur Rahman dalam rangka untuk merumuskan dan membuat program kerja untuk beberapa tahun ke depan.

“Terbentuknya forum ini sebenarnya juga sejalan dengan Program Bupati Lumajang yakni BUM -TREN namun sampai saat ini sepertinya belum terlaksana, nah dengan terbentuknya forum ini mungkin juga bisa membantu mengawali program tersebut.” papar Fathur Rahman.

“Tebentuknya forum komunikasi kopontren ini adalah untuk mewadahi aspirasi dari teman-teman pengurus kopontren untuk membangun kemandirian ekonomi pesantren dengan cara mengelola usaha-usaha pesantren dengan baik mulai dari menejemen, administrasi dan SDM yang baik pula.” tutur guru MTs. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul ini.

Dimulai dari jam 13.00 wib rapat kerja perdana ini berjalan lancar dan penuh dengan suasana keakraban. Bahkan sesekali diselingi dengan joke-joke khas pesantren. Setelah beberapa jam sharing tentang usaha dan produk masing-masing pesantren, maka forum bersepakat untuk bekerjasama dalam pemasaran produk pesantren masing-masing.

“Di antara kesepakatan sementara adalah kerja sama produk, jadi kita sesama kopontren yang punya produk unggulan saling tukar produk dalam pemasarannya.” ujar Fathur Rahman

4 thoughts on “Sepakat, Forum Kopontren Se-Lumajang Jalin Kerjasama Pemasaran Produk Pesantren

Leave a Reply