Tahun 2020 merupakan tahun bersejarah bagi keluarga besar Yayasan Miftahul Ulum wa bikhusus segenap civitas akademika MA. Miftahul Ulum Banyuputih Kidul. Pasalnya, di tahun 2020 ini tepat di moment peringatan HUT RI ke 75, MA. Miftahul Ulum Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang ditetapkan sebagai MA Plus Keterampilan. Penetapan ini berdasarkan SK Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Nomor 2851 Tahun 2020. Berdasarkan SK Dirjen tersebut, MA Miftahul Ulum Banyuputih Kidul ditetapkan sebagai MA Plus dengan memiliki dua keterampilan yaitu Multimedia dan Teknik Jaringan Komputer.

Keputusan untuk menjadi MA Plus Keterampilan ini langkah strategis dan sangat tepat terutama di era yang serba digital saat ini. Program ini menjadi jawaban dan akan menepis anggapan bahwa lulusan madrasah akan sulit bersaing dalam dunia kerja dengan pendidikan yang ada saat ini.

Tepat pada Kamis (27/08/20) SK Dirjen Pendidikan Islam tersebut diterima oleh Kepala MA. Miftahul Ulum Banyuputih Kidul, Turmudzi, S.Pd.I., MA. SK yang ditandatangani oleh Dirjen Pendidikan Islam pada tanggal 20 Mei 2020 diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lumajang Drs. KH. Mochammad Fahrurrozi, M.H.I.

Dalam obrolan santainya bersama Kepala Kemenag yang pernah juara 1 MTQ Nasional Cabang Tilawah Remaja ini mengucapkan selamat kepada MA. Miftahul Ulum Bakid atas terbitnya SK Penetapan ini. Kepala yang juga pernah menjadi Wakil Koordinator Dewan Hakim MTQ Jatim Tahun 2019 silam menyampaikan harapannya semoga para alumni MA. Miftahul Ulum bisa lebih diterima di masyarakat dengan bermodal tambahan keterampilan ini.

Sementara itu, salah satu Staf Pendma yang ikut mendampingi kepala Kemenag Lumajang, Hj. Hayatun Nufusi, S.SAP mengungkapkan kegembiraannya dan apresiasinya atas capaian ini.

“Dengan Slogan Madrasah lebih baik lebih baik Madrasah, MAMU BAKID (MA. Miftahul Ulum Banyuputih Kidul : Red) telah membuķtikan untuk menyiapkan generasi yang siap berkompetisi di era globalisasi saat ini dan di masa depan. Sukses selalu untuk civitas akademika MA BAKID dengan segala programnya.”ungkapnya

Istri anggota TNI juga menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada pengurus Yayasan Miftahul Ulum yang telah mampu menyiapkan tenaga pendidik yang berkualitas dan berintegritas.

“Terimakasih kepada Ketua Yayasan yang selalu dan terus-menerus secara berkesinambungan menyiapkan Tenaga pendidik yang berkualitas, dan berintegritas. Semoga Allah SWT selalu meridhoi usaha dn upaya dari Yayasan dan Kepala Madrasah MA. Miftahul ulum Banyuputih Kidul.” pungkasnya

Di sisi lain, kepala MA. Miftahul Ulum Bakid Turmudzi, S.Pd.I., M.A. berharap dengan ditetapkan sebagai MA plus Keterampilan ini, siswa MA. Miftahul Ulum mampu bersaing dengan siapapun dalam dunia kerja dan usaha di era revolusi industri 4.0 saat ini.

“Alhamdulillah, dengan ditetapkannya MA Plus Keterampilan ini harapan kami ke depan MA. Miftahul Ulum, siswanya tidak hanya mendapatkan ilmu pengetahuan belaka tetapi juga akan mendapatkan keterampilan dalam menghadapi dunia kerja dan Usaha, lebih-lebih di era industri 4.0 ini semuanya bertumpu pada pengusaan tehnologi, semua serba digital, siapa cepat dia dapat, untuk itu MA Miftahul Ulum perlu menyiapkan semuanya untuk menghapi tantangan tersebut sehingga lulusan MA Miftahul Ulum betul2 siap menghadapi dunia industri 4.0.” tuturnya panjang lebar .

Senada dengan kepala Madrasah, Waka Kurikulum MA. Miftahul Ulum, Imam Zarkasi, S.Pd menyampaikan bahwa terobosan yang dilakukan madrasah ini merupakan jawaban atas tuntutan dan kebutuhan masyarakat saat ini.

“Terobosan yang dilakukan oleh lembaga MA. Miftahul Ulum Ini semata mata untuk menjawab kebutuhan masyarakat, selain banyak orang tua yang ingin anaknya melanjutkan kuliah, sebagian besar lainnya juga ingin bisa langsung kerja dengan sertifikat keterampilan.” ucapnya

“Alhamdulillah ikhtiar kami ini bisa diwujudkan dengan diterbitkannya SK. MA plus keterampilan dengan 2 program didalamnya yaitu Keterampilan Teknik Komputer Jaringan dan Keterampilan Multimedia. Imbuh Calon Megister ini.

Leave a Reply