Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mulai gencar menyasar pondok pesantren (Ponpes) untuk dorong penggunaan biogas komunal.

Pondok Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul menjadi salah satu pesantren di Lumajang yang menjadi sasaran program Ditjen EBTKE Kementerian ESDM. Rabu (11/03/2020), Tim Survei dari Kementerian ESDM mengunjungi Pondok Pesantren Miftahul Ulum. Kunjungan tersebut bertujuan untuk melakukan survei Lokasi Pembangunan Biogas Komunal di Pesantren.

Sekedar untuk diketahui bahwa Biogas adalah salah satu sumber energi terbarukan, yang untuk memproduksinya dilakukan melalui proses fermentasi kotoran manusia atau hewan. Proses fermentasi ini nantinya akan menghasilkan gas yang bisa dimanfaatkan untuk memasak, atau bahkan penerangan.

Tiba jam 11.00 wib di PPMU BAKID, tim survei yang dipimpin oleh Indra Permana disambut oleh Ketua dan Sekretaris Yayasan serta Pengurus Pesantren.Sebelum meninjau rencana lokasi pembangunan Biogas Komunal, Tim Survei yang terdiri dari 4 orang tersebut menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan mereka.

Kami dari Ditjen EBTKE (Energi Baru Terbarukan dan Konversi Energi) bermaksud untuk melakukan survei lokasi Pembangunan Biogas Komunal di Pesantren ini. Kami akan mengumpulkan data-data yang ada mulai dari ketersediaan lahan, kelayakan dan jumlah santri. Namun keputusan semuanya ada di pusat bapak.” Ujarnya

Sementara itu, H. Maksum, S.Ag selaku ketua Yayasan Miftahul Ulum menyambut baik program ini. Karena merupakan kebutuhan bagi para santri PPMU BAKID. “Kami sudah menyampaikan program ini kepada pengasuh selaku ketua dewan pembina yayasan. Alhamdulillah beliau merespon baik program. Hanya saja seandainya pesantren kami mendapatkan bantuan ini, maka pemanfaatan biogas ini nanti akan digunakan untuk penerangan bukan untuk memasak. Mengingat santri di sini sudah jarang yang memasak sendiri. Dapur umum pun jaraknya lumayan jauh dari lokasi pembangunan biogas ini.”

Usai melakukan obrolan di Kantor Yayasan, tim survey meninjau langsung ke lokasi yang akan digunakan untuk pembangunan biogas komunal. (IAK)

Leave a Reply