Salah satu organisasi ekstrakurikuler Pondok Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul yang fokus dalam pengembangan Bahasa Arab yaitu : Majma’ Tathwirul Lughah al-‘Arabiyah (MATHLA’) menggelar Seminar Motivasi bagi anggotanya Ahad, (01/03/02) pada jam 22:00 – selesai, bertempat di Musholla PPMU Bakid.

Kegiatan yang mengambil dengan tema “Semangat Belajar dan Cinta Bahasa Arab” mendatangkan narasumber H. Jauhari Abdillah, Lc Lulusan Al-Azhar Mesir, dan H. Ahmad Fauzi, S.Pd.I (Pembina MATHLA’)

Ada sekitar 50-an santri yang mengikuti acara itu, antusiasme anggota bahasa arab / Mathla’ dalam mengikuti acara itu patut diacungi jempol, karna mereka sangat ingin melanjutkan studi belajarnya keluar Negri seperti di Al-Azhar Kairo – Mesir, Al-Ahqaf – Yaman, Libanon, Turki dll.

Pemateri Dalam pemaparannya menyampaikan bahwa “bahasa arab adalah paling mulyanya bahasa di Dunia oleh karna itu siapa yang mempelajarinya maka dia akan mulya hidupnya dengan terus berpripsip manhaj salaf. artinya, di negara yang berbahasa arab yang setiap hari komunikasinya menggunakan bahasa arab, sholatpun pakek bahasa arab”. kata beliau sambil melemparkan senyum kepada audien.

“walaupun pendatang, Sehingga kitapun dituntut untuk mengikutinya dan akan terbiasa berbahasa arab, karna bahasa itu butuh praktek dan hafal kosakata, lalu dibiasakan dan ikuti lahjahnya (logatnya) kata beliau sambil menyontohkan salah satu lahjah mesir, karna kebetulan beliau masih aktif di Al-Azhar kairo sampai sekarang.

Beliau menceritakan awal pendidikannya di Bakid, karna kebetulan beliau salah satu Alumni Bakid, terus melanjutkan studi diMakkah Saudi Arabia, diPesantren Salaf Sayyid Abbas (selama 5 tahun) lalu melanjutkan studi ke Al-Azhar Mesir. “Mendengar ceritanya membuat para anggota semakin semangat untuk melanjutkan jenajangnya yang lebih tinggi demi meraih cita-citanya yang mereka impikan”. Kata Muhammad Toyyib, salah satu anggota yang mau melanjutkan studi ke Al-Azhar.

InsyaAllah dengan adanya motivasi ini, mereka akan lebih semangat dalam belajar bahasa arab, imbuh Ust. Fauzi selaku pembina.

Beliau juga menyampaikan pesan dari Lora Hasan, putra pengasuh Bakid yang sekarang juga masih studi diMesir, bahwa ingin membuat almamater Bakid kalau sudah banyak yang melanjutkan studi disana.

Dan kalau semua yang ada ini melanjutkan studi di Al-Azhar maka nanti ada reoni alumni Bakid Azhari, kata penutup dari Ust. Sufyan selaku ketua sambil menyemangati anggota. (MA)

Leave a Reply