Pada akhir bulan Oktober UPT Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu (STIS) Miftahul Ulum Lumajang bersama semua unit perpustakaan lembaga yang berada di bawah naungan Yayasan Muftahul Ulum Banyuputih Kidul Jatiroto Lumajang melaksanakan pelatihan keperpustakaan di Perpustakaan Terpadu. Narasumber pelatihan didatangkan dari professional pustakawan kampus UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, yakni M. Mufid, S.Ag, M.Hum dan Alexander, S.Kom. Kegiatan pelatihan tersebut menurut Sarkowi selaku ketua STISMU Lumajang dimaksudkan agar pengetahuan dan pengalaman yang didapatkan bisa diaplikasikan bersama-sama diperpustakaan Terpadu.

Ketua Pondok Pesantren Miftahul Ulum, ust. Zainuddin, M.Pd.I menggambarkan pemaparan narasumber secara singkat, ” materi pelatihan seputar manajemen Literasi Informasi Sumber-Sumber Digital Bagi Guru/Dosen/Ustadz dan Tenaga Perpustakaan, Aplikasi operasional keperpustakaan, serta penataan jaringan plus setting perpustakaan” ujarnya.

Dalam pelatihan, tidak hanya diberikan materi, namun pada kesempatan ini semua peserta dilibatkan untuk langsung praktik dalam menggunakan aplikasi Slims, Katalogisasi/Pengolahan Subjek Bahan Pustaka, koding, instalasi program dan jaringan perpustakaan, manajemen dasar sistem tatakelola serta operasionalisasi layanan perpustakaan terpadu

Kegiatan ini bernama “Pelatihan Pengelolaan Manajemen Perpustakaan Modern”. Tujuan acara tersebut dilaksanakan sebagaimana yang disampaikan langsung oleh ketua panitia kegiatan, bapak Hairul Ulum, M.Pd (Kepala UPT Perpustakaan STISMU) untuk melakukan bimbingan dalam peningkatan kualitas manajemen dan pengolahan perpustakaan secara modern dan profesional.

Acara yang dilaksanakan di ruangan Perpustakaan Terpadu ini diikuti oleh seluruh perwakilan dari masing masing lembaga yang berada dibawah naungan yayasan; PPMU,  Madin,  MTs MU,  MA MU, STISMU dan peserta sangat antusias mengikuti pelatihan yang berlangsung pada 26-27 Oktober 2019.

Semoga dengan mengikuti pelatihan tersebut mampu meningkatkan budaya literasi santri dan kualitas pengelolaan perpustakaan Terpadu PPMU semakin baik.

Leave a Reply