Lumajang, PPMU BAKID | www.mubakid.or.id

Kunjungan salah satu ulama terkemuka  Makkah Dr. Syaikh Muhammad Bin Ismail Az-Zain Al-Makki ke Pondok Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul Selasa Malam (02/07/19) disambut dengan penuh bahagia oleh Pengasuh, Pengurus  Pesantren, Alumni dan ribuan santti PP. Miftahul Ulum.

Syaikh Muhammad dan rombongan tiba di lokasi pesantren jam 21.30 wib dan langsung disambut oleh keluarga pengasuh, pengurus, alumni dan ribuan santri yang sudah berbaris rapi mulai pintu gerbang hingga depan masjid menunggu kehadiran beliau. Iringan sholawat bercampur haru pun menggema saat Syaikh Muhammad dan rombongan memasuki kompleks pesantren.

KH. M. Husni Zuhri selaku Pengasuh PPMU yang juga pernah berguru langsung kepada Syaikh Ismail Abah Syaikh Muhammad menyambut langsung dan mempersilahkan ke Ruang tamu khusus yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan yasin dan tahlil yang dipimpin langsung oleh Syaikh Muhammad. Dalam doanya Syaikh Muhammad mendoakan semoga Allah senantiasa memberikan keberkahan kepada keluarga besar pengasuh, para pengurus, santri dan alumni serta orang-orang yang sudah telibat dan berjaza kepada pesantren ini baik yang masih hidup maupun yang sudah wafat.

Dalam kesempatan kunjungan tahun ini, seperti yang disampaikan oleh pengasuh bahwa Syaikh Muhammad malam ini akan bermalam di PPMU dan Insya Allah akan memberikan muhadlarah (Kuliah Umum)  dan Ijazah Kitab Syarh Maraqil Ubudiyah Syarh Kitab Bidayatul Hidayah Imam Al-Ghazali, yang akan dilaksanakan besok pagi Rabu, 3 Juli 2019 seusai shalat subuh berjamaah di masjid Miftahul Ulum.

Sekedar informasi Asy-Syaikh Dr. Muhammad bin Ismail bin Ismail bin Usman bin Ali bin Salim bin Abdurrahman bin Abi Ghaits bin Ibrahim bin Ismail bin Muhammad AZ-Zain Al-Makki. Beliau merupakan tokoh berpengaruh berhaluan Aswaja (Ahlus Sunnah Wal Jamaah) bermadzhab Syafi’i yang ada di Arab Saudi. Beliau memiliki pesantren di Makkah meneruskan perjuangan abahnya Syaikh Ismail. Beliau memiliki banyak santri dari Indonesia khususnya Jawa Timur dan Indonesia Bagian Timur.

Leave a Reply