Sebanyak 78 Guru Bantu PP Miftahul Ulum Masa Khidmah 2019/2020 hari ini Senin (24/06/19) resmi diberangkatkan ke berbagai Wilayah di Jawa dan Luar Jawa. Ke-78 santri lulusan Kelas lll Madrasah Tsanawiyah Diniyah tersebut akan melaksanakan tugas pengabdian di beberapa pesantren dan madrasah di Wilayah Lumajang, Jember, Banyuwangi, Bondowoso, Sampang, Pamekasan, Bekasi, Kalimantan dan Pulau Batam.

Hadir dalam pelepasan tersebut Anggota Majelis Keluarga sekaligus Ketua bidang Dakwah Yayasan Miftahul Ulum KH. M. muhsin Ba’its, Pengurus Yayasan, Kepala Pesantren, Kepala Madrasah Tsanawiyah Diniyah dan beberapa anggota pengurus Urusan Guru Bantu dan Da’i, Penanggung Jawab Guru Bantu (PJGB) dan Guru Bantu (GB) yang akan ditugaskan ke berbagai wilayah tersebut.

Acara dimulai dengan sambutan oleh Ketua UGB (Urusan Guru Bantu) dan Da’i Miftahul Ulum Banyuputih Kidul H. Ahmad Sarto, S.Pd.I

Dalam sambutannya Ketua UGB dan Da’i berharap kepada semua PJGB (Penanggung Jawab Guru Bantu) yang hadir hari ini agar dapat bekerja sama dengan pengurus UGB – Da’i dan juga dapat memberikan bimbingan dan pembinaan kepada Guru Bantu PPMU BAKID mengingat dari sisi umur masih muda. Guru senior PP. Miftahul Ulum Bakid ini menyampaikan bahwa Guru Bantu yang dikirim ke berbagai pesantren ini bukan berarti sudah pantas menjadi Guru di Pesantren dan madrasah yang anda bina, melainkan tujuan adalah agar bisa belajar dari lembaga pendidikan dan balajar bermasyarakat. Setidaknya bisa Guru Bantu ini dapat membantu dalam menyampaikan ilmu-ilmu yang telah mereka peroleh di Pesantren dan pastinya semoga mereka ini bisa mengemban amanah dengan baik dan membawa maslahah bagi lembaga pendidikan yang ditempati, maslahat bagi PP. Miftahul Ulum Bakid dan maslahat bagi guru bantu itu sendiri.

Acara kemudian dilanjutkan dengan  sosialisasi tata tertib PJGB dan Teknis Pelaporan yang dilaksanakan setiap tri wulan oleh Abdur Rohman selaku wakil ketua UGB dan Da’i.

Acara pelepasan Guru Bantu secara resmi simbolis dilepas langsung oleh oleh KH. M. Muhsin Ba’its selaku Ketua Bidang Dakwah Yayasan Miftahul Ulum dan Anggota Majelis Keluarga Pengasuh PPMU.

Pengasuh PPMU Yosorati Sumberbaru Jember berpesan kepada para guru bantu agar dalam melaksanakan tugas menata niat. “Pertama Ikhlaskan niat dalam melaksanakan tugas karena kalian adalah duta PPMU BAKID untuk menyampaikan ilmu Allah. Kedua niatkan untuk mengabdi kepada Pesantren dan Masyayikh. karena setetes ilmu yang anda ajarkan kepada orang lain merupakan ibadah dan amal jariyah.” Pesannya.

“Dan jangan lupa senantiasa sambung hati kepada masyayikh PPMU agar diberi kemudahan oleh Allah dalam masa tugas. Jaga akhlak dan adab selama di tempat tugas.” imbuhnya

Beliau juga menitipkan GB kepada PJGB agar tidak segan-segan mengingatkan dan menegur guru bantunya karena bagaiamana pun Guru Bantu adalah tetap santri dan masih perlu bimbingan.

Usai acara, para santri yang akan ditugaskan berpamitan dan mohon doa restu kepada anggota majelis keluarga pengasuh dan semua pengurus yang hadir semoga dapat melaksanakan amanah dan pengabdian ini dengan sebaik-baiknya.

Selamat jalan delegasi Banyuputih. Jaga dan harumkan almamater Bakid. Kibarkan bendera PPMU

Leave a Reply