Lumajang, PPMU BAKID | www.mubakid.or.id

Tahun 2019 adalah tahun yang berbeda dan istimewa bagi Pondok Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul. Bukan karena 2019 rame dengan tagar #2019GantiPresiden. Bukan pula karena kemenangan salah satu calon tertentu yang berlaga dalam plipres.

Keberbedaan dan keistimewaan tersebut dikarenakan ada beberapa hal yang baru di Pesantren terbesar di Lumajang pada tahun ini. Salah satu diantaranya adalah di tahun 2019 ini ada dua unit lembaga baru di Pesantren yaitu MTs. Miftahul Ulum 2 dan MA. Miftahul Ulum 2 yang SK izin operasionalnya sudah terbit pada  akhir Mei 2019 kemarin.

Disamping itu, sistem penerimaan dan pendaftaran santri baru tidak lagi secara manual (offline) seperti tahun-tahun sebelumnya. Dimana wali santri harus menulis di sebuah kertas formulir pendaftaran yang sudah disediakan oleh panitia.

Pendaftaran santri baru tahun 2019 ini tidak lagi offline tetapi berbasis online. Wali santri yang akan mendaftarkan anaknya terlebih dahulu harus membuat dan memiliki akun. Kemudian baru bisa melakukan pendaftaran yang dibantu dan dipandu oleh petugas panitia hingga selesai pengambilan gambar.

Ketua Panitia PSB yang juga menjabat sekretaris pesantren menjelaskan bahwa pendaftaran santri baru berbasis online tahun ini merupakan sebuah uji coba khusus Pendaftaran Santri Baru. Selanjutnya akan dievaluasi kekurangan-kekurangan sistem ini bersama pengurus yayasan dan pimpinan lembaga madrasah formal. Dengan harapan tahun depan pendaftaran santri ini akan terintegrasi dengan PPDB di lembaga madrasah formal dan PMB si Sekolah Tinggi. Dengan demikian pendaftaran peserta didik atau mahasiswa baru akan melalui satu pintu.

Proses Pendaftaran Santri Baru Hari Pertama

Sekretaris yayasan HM. Sya’roni juga menambahkan “Ke depan kita (Yayasan) juga akan mengupayakan tidak hanya pendaftaran santri yang secara online. Pendaftaran Calon Jamaah Haji atau Umroh yang akan bergabung dengan Miftahul Ulum juga bisa berbasis digital dan online. Semuanya dalam rangka efesiensi waktu dan tenaga. Termasuk juga pendataan alumni PPMU. “

Mohon doanya semoga bisa rampung tahun ini. Insya Allah kalau semuanya sudah fix akan kita sosialisasikan kepada alumni, wali santri dan masyarakat pada Puncak haflah akhirussanah tahun 2020 / 1441 H”. Tambahnya

Dari pantauan mubakid.or.id di lokasi  Panitia Penerimaan Santri Baru (PSB) Tahun 2019 ini,  Pendaftaran hari pertama Kamis, 20 Juni 2019, terlihat ada satu server dan beberapa laptop yang telah disediakan di ruangan PSB yang sudah terkoneksi dengan jaringan wifi, lengkap dengan petugas entri data yang akan memandu dan membantu para wali santri melakukan registrasi. Para wali santri dan anaknya tampak antusias walaupun harus rela antri.

Menurut penuturan Isbir, sekretaris PSB, “Sudah ada 100 lebih pandaftar di hari pertama yang masuk ke database kami”  Hanya saja kelemahan sistem online ini apabila jaringan listrik padam. Namun Alhamdulillah teratasi dengan genset”.

Leave a Reply