Lumajang PPMU BAKID | www.mubakid.or.id

Ada sebuah fakta yang tak terbantahkan bahwa pendidikan pesantren mengalami perkembangan yang pesat. Secara kuantitatif, jumlah pesantren dan santri yang belajar di pesantren terus meningkat dalam sepuluh tahun terakhir. Pesantren kini bukanlah pendidikan alternatif yang terakhir ketika tidak bisa masuk ke lembaga pendidikan favorit. Di tengah-tengah keringnya pendidikan moral dan akhlak, pesantren telah menjadi pendidikan rujukan pertama bagi masyarakat saat ini.

Perkembangan pesantren tidak hanya dapat dilihat secara kuantitatif belaka. Secara kualitatif perkembangan pesantren juga dapat dilihat dari berbagai aspek di dalam pesantren itu sendiri antara lain status kelembagaan, tata pamong dan tata kelola, penyelenggaraan program pendidikan, perluasan bidang garapan, kekhasan bidang keilmuan, upaya membangun usaha ekonomi, MoU dengan berbagai pihak, dan lain-lain. Sehingga keragaman perkembangan tersebut dapat menghasilkan berbagai ekspresi pesantren dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pondok Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul sebagai bagian dari pesantren Indonesia terus berupaya untuk berkontribusi bagi bangsa dan negara. Sebagai salah satu pesantren terbesar di Kabupaten Lumajang, PPMU BAKID – sebutan yang populer – terus mengembangkan unit-unit lembaga pendidikannya agar betul-betul dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas khususnya kalangan menengah kebawah.

Bertepatan dengan tahun ajaran baru 2019/2020, Yayasan Miftahul Ulum yang menjadi badan penyelenggara pendidikan telah resmi membuka 2 unit madrasah baru di lingkungan PPMU BAKID sebagai bentuk pengembangan dari madrasah yang sudah ada. 2 lembaga baru tersebut ada MTs. Miftahul Ulum 2 dan MA. Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul.

“Alhamdulillah pada tahun ajaran baru ini, yayasan membuka 2 lembaga baru MTs dan MA. Miftahul Ulum 2. SK ijin operasional sudah terbit dari Kanwil Kemenag Jawa Timur. Hal ini merupakan pengembangan unit lembaga madrasah yang sudah ada selama ini. Jadi, ada 2 Madrasah Tsanawiyah dan 2 Madrasah Aliyah” Ujar H. Maksum, S.Ag selaku Ketua Yayasan

Dengan dibukanya lembaga baru ini, kami berharap dapat menampung calon santri yang setiap tahunnya semakin bertambah banyak dan semakin meningkat.

Sekretaris Yayasan HM. Sya’roni mengatakan “Salinan SK izin Operasional 2 lembaga baru ini sudah kita terima tinggal menunggu SK asli dari Kanwil Kemenag Jatim.” Sekedar Informasi bahwa SK Izin Operasional MTs Miftahul Ulum 2 Banyuputih Kidul ditetapkan berdasarkan keputusan Menteri Agama RI Nomor 836 Tahun 2019 dengan NSM : 121235080122. Sementara SK izin operasional MA. Miftahul Ulum 2 BAKID Nomor 837 dengan NSM 131235080066. Semuanya diterbitkan pada Tanggal 29 Mei 2019.

Leave a Reply